Senin 10 Jun 2024 12:40 WIB

198.273 Jamaah Haji Indonesia telah Berada di Arab Saudi 

Jamaah haji bersiap memasuki masa Armuzna.

Jamaah haji.
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat sebanyak 198.273 jamaah haji Indonesia telah berada di Arab Saudi guna mengikuti rangkaian kegiatan ibadah haji pada hari ke-28 operasional pemberangkatan haji Indonesia.  

"Jamaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 198.273 orang yang terbagi dalam 505 kelompok terbang," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) RI Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji yang diikuti secara daring di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Adapun pada hari ini, Widi menyebutkan terdapat 13 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah 5.211 calon haji yang akan diterbangkan ke Jeddah.

Ia merinci seluruh calon haji yang diberangkatkan berasal dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.320 orang (tiga kloter), Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) 440 orang (satu kloter), dan Embarkasi Solo (SOC) 360 orang (satu kloter).

 

 

Kemudian, Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.484 orang calon haji (empat kloter) dan Embarkasi Batam (BTH) 450 orang (satu kloter).

 

Selanjutnya, Embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 324 orang calon haji (satu kloter), Embarkasi Aceh (BTJ) 393 orang (satu kloter), serta Embarkasi Kertajati (KJT) 440 orang (satu kloter).

 

Di samping itu, Widi mengungkapkan Kemenag juga mencatat sebanyak 54 calon haji dinyatakan meninggal.

 

"Jamaah yang wafat berjumlah 54 orang, dengan rincian wafat di embarkasi empat orang, di Madinah 16 orang, di Makkah 32 orang, dan wafat di Bandara berjumlah dua orang. Seluruh jamaah wafat akan dibadalhajikan," ungkap Widi.

Jamaah haji wafat

Lihiat halaman berikutnya >>>

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement