Rabu 03 Apr 2024 09:35 WIB

Dompet Dhuafa dan Bank Jago Mengajak Masyarakat Yogyakarta Hidup Berkah Sesuai Syariah

Kolaborasi merupakan upaya membawa manfaat dan keberkahan dengan prinsip syariah.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan pemberdayaan terus berupaya memperluas jangkauan sosialnya dengan berkolaborasi bersama berbagai mitra, seperti Bank Jago.
Foto: Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan pemberdayaan terus berupaya memperluas jangkauan sosialnya dengan berkolaborasi bersama berbagai mitra, seperti Bank Jago.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bulan Ramadan adalah momen yang sangat istimewa. Selama bulan yang penuh berkah ini, tujuan utama bulan ini adalah menyebarkan kebaikan dan kemurahan hati kepada sesama. Ini bukan hanya tentang menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga tentang menumbuhkan kepedulian sosial, empati, dan kebaikan dalam tindakan sehari-hari. 

Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan pemberdayaan terus berupaya memperluas jangkauan sosialnya dengan berkolaborasi bersama berbagai mitra, seperti Bank Jago, Real Masjid, dan Pakuwon Mall Jogja. Melalui kerja sama ini, Dompet Dhuafa menggulirkan kegiatan yang bertujuan untuk menyebarkan kebaikan kepada seluruh lapisan masyarakat, memungkinkan partisipasi lebih luas dalam upaya kemanusiaan dan kebaikan sosial.

Baca Juga

Tidak hanya menjalin kolaborasi, kegiatan ini juga memeriahkan bulan suci Ramadan 1445H. Dompet Dhuafa mengadakan Talkshow & Sharing Session dengan Bank Jago dan Real Masjid di Pakuwon Mall, Jogja, dengan tema "Memenangkan 10 Hari Terakhir Ramadan: Hidup Mudah & Berkah Sesuai Syariah", Sabtu, (30/3/2024) bersama konten kreator Dio A Diadon dan Nur Fajriah Rachmah sebagai Head of Sharia Digital Funding PT Bank Jago Tbk. Kolaborasi ini merupakan upaya untuk membawa manfaat dan keberkahan sesuai dengan prinsip syariah kepada masyarakat luas. 

Pada konteks ini, hidup sederhana, penuh berkah, dan sesuai dengan ajaran agama menjadi tujuan utama. Ramadan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan momen refleksi mendalam tentang cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. 

Sebelumnya, pada Sabtu, (2/3/2024) Dompet Dhuafa dan PT Bank Jago Tbk telah mengadakan event serupa di Universitas Pakuan Bogor dengan mengusung tema “Rangkai Lagi Satu-Satu Untuk Menangin Ramadan #SesuaiSyariah”, yang bertujuan untuk memaknai Ramadan sebagai momentum dalam merangkai kembali semangat ibadah dan tujuan hidup bersama Kang Rensu, Imam Muda Teman Hijrah dan Ustaz Zahid Samosir.

Head of Sharia Digital Funding PT Bank Jago Tbk, Nur Fajriah Rachmah, menuturkan sebagai bank berbasis teknologi yang tertanam dalam ekosistem, mereka memahami setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mencapai tujuan keuangannya. Untuk membantu semakin banyak orang memenangkan Ramadan, Bank Jago mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri dan mengelola keuangan lebih baik agar mereka dapat menunaikan niat baiknya termasuk berbagi kebaikan dengan sesama.

"Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan edukasi keuangan untuk membantu semakin banyak orang untuk mencapai tujuan keuangannya,” katanya dalam siaran pers.

Bank Jago menghadirkan produk dan layanan perbankan, baik secara konvensional maupun syariah, yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Melalui inovasi dan fitur unggulannya seperti fitur Kantong (rekening), nasabah dapat membuat hingga 60 rekening dengan masing-masing nomor rekeningnya yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan mereka, seperti  kantong sedekah, kantong berbuka puasa, kantong liburan lebaran bersama keluarga, hingga kantong untuk darurat. Dengan begitu, nasabah dapat  memisah-misahkan dananya agar tidak akan bercampur sehingga mereka dapat selalu di depan dalam mencapai tujuan keuangannya. Sedangkan untuk nasabah yang memiliki preferensi Syariah, Bank Jago menghadirkan Jago Syariah yang menghadirkan fitur aplikasi dan inovasi yang setara dengan aplikasi Jago konvensional  dengan dua pilihan akad yaitu Wadiah Yad Dhamanah dan Mudharabah Muthlaqah. 

Untuk membantu nasabah berbagi dengan sesama yang membutuhkan khususnya di bulan Ramadan, Jago Syariah menyediakan platform pengumpulan serta penyaluran zakat, infak dan sedekah melalui fitur Jago Amal. Kolaborasi ini dilakukan bersama dengan lembaga terpercaya, salah satunya yaitu Dompet Dhuafa. 

Sementara itu, Dio A Diadon menuturkan kebiasaan atau kebaikan untuk mengoptimalkan di 10 hari terakhir Ramadan, dengan menjalankan prinsip-prinsip syariah, seperti berbagi dengan sesama, meningkatkan ibadah, dan memperbaiki perilaku, untuk menciptakan kehidupan yang lebih bermakna dan berkah, mengajak untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek kehidupan

“Ketika sudah 10 hari terakhir bulan Ramadan itu sebisa mungkin mempersedikit kemaksiatan, ini adalah cara paling simpel sekaligus paling sulit bagi anak muda, jika berbuat kebaikan saja pahalanya lebih baik dari 1.000 bulan, apalagi ketika kita berbuat dosa di malam 10 hari terakhir, jadi di 10 malam terakhir ini push terus dengan doa, supaya nanti Allah mudahkan dan realisasikan,” ujar Dio. 

Diharapkan hal ini akan memudahkan pengunjung Pakuwon Mall, Jogja untuk menikmati event sambil memperoleh pengetahuan yang bermanfaat dalam memanfaatkan 10 hari terakhir di bulan Ramadan. “Alhamdulillah, Dompet Dhuafa kembali berkolaboraksi bersama PT Bank Jago Tbk, ini bagian upaya mendorong kaum milenial khususnya untuk menebar kebaikan. Kami harapkan dengan berkolaboraksi bersama  Bank Jago kami  dapat menyerap kaum milenial dalam menyebarkan kebermanfaatan serta mendorong program-program sosial khususnya di wilayah Yogyakarta dan Bogor,” ujar Etika Setiawanti sebagai Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa.

Selain itu, Dompet Dhuafa menjalin sinergi kebaikan dengan Bank Jago  dalam upaya bersama mendukung pembangunan sekolah di Maluku. Kolaborasi ini sebagai komitmen Bank Jago dalam memperkuat akses pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat Maluku. Melalui program ini, Setiap donasi  yang disalurkan melalui fitur Jago Amal, akan mendapatkan ekstra donasi sebesar Rp 25 ribu oleh Bank Jago. Promo ini hanya berlaku bagi pengguna baru Jago ataupun  Jago Syariah. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk pembangunan sekolah di Pesisir Maluku melalui Dompet Dhuafa. Promo program ini berlaku selama periode 1 Maret hingga 14 April 2024. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement