Ahad 07 Jan 2024 19:51 WIB

Dampak Gempa Bumi Sumedang, Tim NU Peduli dari PBNU Salurkan Bantuan

Bantuan tersebut merupakan hasil dari penghimpunan dana zakat.

Bantuan NU Care-Lazisnu
Foto:

Dadang pun berharap ketika anak-anak kembali bersekolah akan ada program dukungan psikososial dari dinas pendidikan. Pihaknya mengaku akan mengintervensi lembaga pendidikan untuk memberikan pendampingan terhadap para siswa agar tidak mengalami trauma.

Pihaknya juga berencana untuk mengembangkan Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK). Program ini bertujuan, salah satunya untuk menyiapkan masyarakat agar memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Kami punya banyak SDM lokal, teman-teman NU lokal akan terus hadir untuk membantu masyarakat,” kata Dadang.

Menurutnya, walaupun Indonesia diciptakan ‘ketika Tuhan tersenyum’, namun banyak ancaman bencana. “Jadi masyarakat juga harus bisa mitigasi dan adaptasi,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa bumi mengguncang Sumedang, Jawa Barat pada Ahad (31/12/2023). Gempa terjadi sampai tiga kali, yakni gempa bermagnitudo M4,1 pada pukul 14:35:34 WIB, magnitudo M3,4 pada pukul 15:38:10 WIB, dan bermagnitudo M4,8 pada pukul 20:34:24 WIB.

Berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Sumedang, terdapat 10 orang korban yang mengalami luka ringan dan sebanyak 1.005 unit bangunan rusak. Sebanyak 766 unit bangunan mengalami rusak ringan, 121 unit rusak sedang, dan sisanya sebanyak 118 unit mengalami rusak berat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement