Kamis 30 Nov 2023 16:19 WIB

Dukung Produktivitas Pelaku UMKM, LAZISNU dan Indomaret Salurkan Bantuan Usaha

Penerima manfaat program adalah masyarakat yang sudah memiliki usaha.

NU Care-LAZISNU PBNU bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dalam program Sedekah Peduli Kemanusiaan menyerahkan bantuan usaha kepada para pelaku UMKM yang berada di Jawa Tengah.
Foto: Dok Lazisnu
NU Care-LAZISNU PBNU bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dalam program Sedekah Peduli Kemanusiaan menyerahkan bantuan usaha kepada para pelaku UMKM yang berada di Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- NU Care-LAZISNU PBNU bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dalam program Sedekah Peduli Kemanusiaan menyerahkan bantuan usaha kepada para pelaku UMKM yang berada di Jawa Tengah. Serah terima bantuan tersebut dilangsungkan di Pondok Pesantren Ash-Shofwah Al-Hidayah Pendowo, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada Selasa (28/11/2023).

Sekretaris LAZISNU PBNU H Moesafa mengatakan penyaluran bantuan itu merupakan realisasi dari pengumpulan Sedekah Peduli Kemanusiaan via kasir Indomaret periode Juli-September 2023, yang kemudian disalurkan untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca Juga

“Program pemberdayaan ekonomi ini masuk dalam salah satu pilar program NU Care-LAZISNU, yaitu NU Care Berdaya yang bertujuan untuk mendampingi, membantu, dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Moesafa dalam siaran persnya.

Moesafa menjelaskan bahwa penerima manfaat program adalah masyarakat yang sudah memiliki usaha, dan bantuan yang disalurkan diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan produktivitas ekonomi para pelaku UMKM.

 

“Yang kita pilih (penerima bantuan) adalah yang sudah mempunyai usaha. Usahanya sudah berjalan. Dan berdasarkan survei yang kita lakukan, para pelaku usaha ini perlu kita dukung, sehingga bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas ekonominya,” harapnya.

Pihaknya memaparkan selain penyaluran bantuan usaha, pada kesempatan tersebut para penerima bantuan pun diberikan pembekalan terkait bussiness plan dan tata kelola kewirausahaan.

Adapun bantuan yang disalurkan NU Care-LAZISNU dan Indomaret dalam program pemberdayaan ekonomi itu berupa gerobak UMKM, bantuan renovasi rumah produksi, serta modal usaha. Bantuan tersebut diserahkan kepada para pelaku UMKM yang berada di 6 (enam) kabupaten kota di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Temanggung, Cilacap, Kebumen, Banyumas, Wonosobo, dan Kabupaten Banjarnegara.

Deputy Branch Manager Indomaret, Tafan Russuardi menuturkan bahwa penyaluran bantuan itu sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam mendorong pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat.

“Bantuan itu dalam rangka mendukung pemerintah dalam mendorong pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat. Juga sebagai bentuk kepedulian Indomaret kepada pelanggan setianya,” tutur Tafan.

Dirinya menjelaskan bahwa program pemberdayaan ekonomi merupakan program yang ke-6 sepanjang pihaknya bekerja sama dengan NU Care-LAZISNU. Tahun 2018, katanya, adalah yang pertama terkait bantuan renovasi insfratruktur untuk warga terdampak gempa bumi di Lombok NTB.

“Kemudian bantuan untuk warga terdampak gempa di Palu Sulteng, lalu bantuan untuk korban gempa di Sulbar. Selanjutnya perbaikan sarana prasarana di sekolah-sekolah di 13 provinsi di Indonesia, dan ada juga program renovasi ruang belajar di area Jawa. Semua itu hasil dari donasi konsumen atau pelanggan Indomaret yang dikelola dalam Program Sedekah Peduli Kemanusiaan,” jelasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto. Ia pun mengapreasiasi kerja sama NU Care-LAZISNU dengan Indomaret terkait bantuan pemberdayaan ekonomi untuk para pelaku UMKM di Kabupaten Temanggung dan lima kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, kali ini ada bantuan untuk para pelaku usaha di enam kabupaten. Ini luar biasa. Prinsipnya, terkait kegiatan seperti ini, Pemerintah Kabupaten Temanggung sangat mendukung dan berterima kasih atas kerja sama NU Care-LAZISNU dengan Indomaret dan melibatkan para pelaku usaha. Ini (bantuan) manfaat ekonomimya sangat luar biasa,” ucap Hariyanto.

Ia menyampaikan di Kabupaten Temanggung ada ribuan UMKM, dan bantuan usaha yang disalurkan NU Care-LAZISNU dan Indomaret dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas dari para pelaku UMKM.

“UMKM di masing-masing kabupaten kota pasti sudah terpetakan, dan di Temanggung itu ada ribuan UMKM. Mudah-mudahan dengan bantuan ini nantinya akan ada peningkatan kualitas, dan marketnya sudah jelas,” ujarnya.

Maka dari itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Temanggung sangat terbuka untuk bisa berkomunikasi dan berkolaborasi dengan NU Care-LAZISNU dan Indomaret, demi kepentingan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sama-sama kita dorong untuk jadi lebih baik. Kerja sama NU Care-LAZISNU dengan Indomaret ini luar biasa. Kami pun berharap semoga kerja sama lebih kuat dan lebih besar lagi. Selamat dan mudah-mudahan bantuannya bermanfaat, mendapatkan rezeki yang berlimpah, dan berkah,” pungkasnya.

Turut hadir pada serah terima bantuan tersebut Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU Qohari Cholil dan Manajer Kelembagaan Ending Syarifudin. Sementara dari pihak Indomaret hadir Senior Manager Marcomm Indomaret Bambang Trijanto dan Public Relation Manager Indomaret Reynaldo Tuwongkesong. Pada kesempatan itu, hadir pula jajaran pengurus-manajemen LAZISNU PWNU Jawa Tengah, pengurus PCNU Temanggung, LAZISNU Temanggung, serta para pelaku UMKM penerima manfaat program dari perwakilan enam kabupaten kota di Jawa Tengah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement