Selasa 02 Apr 2024 17:56 WIB

NU Care-LAZISNU Kirim Bantuan Kemanusian ke Kamp Pengungsian di Gaza, Yerusalem dan Raffah

Komitmen dukungan dan kepedulian bagi rakyat Palestina terus dilakukan NU Care.

NU Care-LAZISNU dalam program Mahabbah Ramadan 1445 H,
Foto: istimewa
NU Care-LAZISNU dalam program Mahabbah Ramadan 1445 H,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Komitmen dukungan dan kepedulian bagi rakyat Palestina terus dilakukan NU Care-LAZISNU dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan. Pada momentum Ramadan kali ini, NU Care-LAZISNU dalam program Mahabbah Ramadan 1445 H, mendistribusikan bantuan berupa makanan, air bersih hingga dukungan psikososial bagi warga dan anak-anak Palestina.

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil menyampaikan bahwa pendistribusian bantuan dilakukan melalui dua lembaga mitra, yaitu Althoure-Silwan Women Center (AWC) yang berbasis di Yerusalem dan Gazze Destek Dernegi (GDD) atau Asosiasi Dukungan Gaza yang bermarkas di Istanbul, Turki.

Baca Juga

“Alhamdulillah, NU Care-LAZISNU melalui AWC dan GDD di sepanjang dan pengujung Ramadan ini, kembali menyalurkan bantuan berupa ribuan paket pangan serta makanan buka puasa dan sahur, kemudian air minum, belasan ribu liter air bersih, hingga dukungan atau kegiatan psikososial untuk anak-anak dan warga Palestina,” jelas Qohari di gedung PBNU, Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, Selasa (2/04/2024).

Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat menguatkan rakyat Palestina, khususnya dalam menunaikan ibadah di bulan Ramadan.

“Semoga solidaritas ini menjadi penguat ibadah warga Palestina, khususnya di bulan Ramadan ini. Dan mari terus dukung perjuangan rakyat Palestina,” ucap Qohari.

Ia pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada AWC, GDD, semua mitra dan donatur yang telah berkontribusi dalam program besar NU Peduli untuk membantu perjuangan rakyat Palestina.

“Terima kasih juga kepada Kementerian Agama Republik Indonesia, Dharma Wanita Pesatuan, Unilever, donatur di crowdfunding NUcare.id dan seluruh donatur yang turut berkontribusi dalam perjuangan rakyat Palestina. Semoga bantuan kemanusiaan ini menjadi kekuatan untuk saudara-saudara kita di sana,” tutupnya.

Direktur Eksekutif AWC, Abeer Zayyed dalam laporannya menyebut bahwa selama bulan Ramadan terdapat 16.254 rakyat Palestina yang menerima bantuan dari NU Care-LAZISNU yang didistribusikan melalui AWC.

“Sebanyak 16.254 penerima manfaat itu tersebar di penjuru kota yang masih dapat ditinggali oleh rakyat Palestina, antara lain Gaza, Yerusalem, dan Rafah. Sejak hari pertama Ramadan, 11 Maret 2024 sudah dimulai penditribusian bantuan di kamp-kamp pengungsian, karena pendistribusian bantuan dilakukan selama periode Ramadan hingga Idul Fitri 1445 H,” papar Abeer.

Dirinya mengatakan, hingga saat ini bantuan yang sudah terdistribusi di sejumlah kamp pengungsian adalah makanan dan air bersih, juga dalam waktu dekat akan ada penyaluran paket lebaran dan program psikososial untuk anak-anak Palestina.

“Pendistribusian bantuan yang telah tersalurkan selama bulan Ramadan ini berupa makanan berbuka puasa di Masjid Al Aqsa dan kamp-kamp pengungsian di Gaza, antara lain kamp pengungsian Al Ameera, kamp Harun Al Rashid, dan kamp Abu Brasil. Selain itu juga ada bantuan air bersih di Rafah,” urai Abeer.

“Program bantuan untuk Palestina akan dilanjutkan menjelang dan pada momentum Hari Raya Idul Fitri, dengan program psikososial dan paket lebaran berupa bantuan baju lebaran, kemudian mainan dan permen untuk anak-anak Palestina,” ucapnya.

Sementara itu, Manajer Kemitraan Wilayah Asia Tenggara GDD, Faqihussyari mencatat ada 1.452 paket pangan bantuan dari NU Care-LAZISNU untuk Palestina sudah diberangkatkan dengan truk kontainer dari gudang GDD di Ismailiyah, Mesir.

“Alhamdulillah, pada Sabtu 30 Maret 2024, sebanyak 1.452 paket pangan sudah diberangkatkan dari gudang paket pangan GDD di Ismailiyah. Truk ini diharapkan akan sampai ke Rafah dalam waktu 7-12 hari, tergantung perizinan yang ada di beberapa check-point dari Ismailiyah Mesir sampai Rafah,” jelas Faqihussyari.

Pihaknya pun merinci satu paket bantuan dari NU Care-LAZISNU berisikan kurma, beras Mesir, manisan, selai kacang, daging sapi kaleng, keju, saus tomat, spaghetti, pembalut wanita, keju kuning, tuna kaleng, teh, gula, hums, garam, dan tepung.

“Setelah sampai di Rafah, bantuan paket pangan itu akan didistribusikan oleh tim kami yang sudah ada di dalam Gaza,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement