Senin 04 Dec 2023 19:45 WIB

Alissa Wahid Imbau Ikatan Pelajar Putri NU Suarakan Pencegahan Pernikahan Anak

Keluarga berperan penting dalam pembangunan bangsa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Alissa Wahid.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Alissa Wahid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Alissa Wahid mengimbau kepada Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PP IPPNU) untuk menyuarakan isu-isu soal pencegahan pernikahan anak, pencegahan stunting, dan program bimbingan anak dan remaja.

Putri almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini menjelaskan, ada enam dimensi program yang dipandang mempengaruhi kualitas keluarga yaitu relasi keluarga maslahat, keluarga sehat, keluarga sejahtera, keluarga terdidik, keluarga moderat, dan keluarga cinta alam.

Baca Juga

“Dan IPPNU harus mengambil peran di masing-masing program tersebut, IPPNU harus hadir dan lantang menyuarakan isu-isu pencegahan pernikahan anak, pencegahan stunting dan program-program bimbingan anak dan remaja,” ujar Alissa Wahid dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (4/12/2023).

Hal ini disampaikan Alissa Wahid dalam acara sosialisasi Gerakan Keluarga Maslahah Nahdlatul Ulama (GKMNU) di Rakernas PP IPPNU 2023 yang digelar di Asrama Haji Bekasi, Jumat (1/12/2023).

 

Sebagai narasumber utama, Wakil Ketua Satgas Nasional GKMNU ini memberikan pandangan dan pemahamannya mengenai pentingnya peran keluarga dalam menciptakan masyarakat yang sejahtera dan harmonis. Selain itu, Alissa Wahid juga menjelaskan GKMNU merupakan ruang bersama bagi seluruh banom NU untuk bekerja sama membangun peradaban dari lingkup terkecil.

Kegiatan sosialisasi GKMNU ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterlibatan IPPNU dalam program besar dari PBNU, yaitu GKMNU. Dalam acara pembukaanm, Ketua Umum PP IPPNU, Whasfi Velasufah menyampaikan peran IPPNU untuk menyukseskan program GKMNU.

Dalam sambutannya, Vela mengajak kepada seluruh kader IPPNU untuk bersama-sama berpartisipasi aktif terlibat dalam program GKMNU dengan memberdayakan Lembaga Konseling Pelajar Putri.

"Sosialisasi GKMNU ini merupakan langkah konkret dan ikhtiar bersama PP IPPNU dalam mewujudkan visi misi dari keluarga maslahah. Kami berharap melalui sosialisai ini, Rekanita sekalian dapat lebih memahami peran penting keluarga dalam pembangunan bangsa," kata Vela.

Acara sosialisasi GKMNU ini dihadiri oleh PW IPPNU se-Indonesia dan juga pengurus PP IPPNU. Melalui sosialisasi ini, diharapkan kader IPPNU dapat memahami tujuan besar dari GKMNU, sehingga dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi positif di kalangan remaja dan pelajar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement