Rabu 20 Sep 2023 19:53 WIB

Baznas Terus Tingkatkan Tata Kelola ZIS-DSKL dengan Prinsip 3 Aman

Rakornas Baznas 2023 ini dihadiri oleh sekitar 1.500 peserta.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Logo Baznas.
Foto: blogspot.com
Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 2023 diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, pada Rabu (20/9/2023).

Ketua Baznas RI Profesor KH Noor Achmad menyampaikan bahwa Rakornas Baznas 2023 ini dihadiri oleh sekitar 1.500 peserta yang terdiri atas Baznas Provinsi, Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia. Insya Allah pada sore hari ini sampai dua hari kedepan, Baznas akan berkonsentrasi membahas hal-hal strategis terkait Baznas dan pengembangan Baznas.

Baca Juga

"Melalui Rakornas Baznas 2023 ini, Baznas berupaya meningkatkan tata kelola pengelolaan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya (ZIS-DSKL) dengan prinsip 3A yakni aman syar’i, aman regulasi dan aman NKRI," kata Kiai Noor saat pidato dalam pembukaan Rakornas Baznas 2023 di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Kiai Noor mengatakan, Rakornas Baznas 2023 akan membahas evaluasi pencapaian pengelolaan zakat per provinsi tahun 2022 dan semester 1 tahun 2023, penguatan pencapaian target 2023, dan perencanaan, target, serta strategi pengelolaan zakat tahun 2024.

"Insya Allah, Baznas mempunyai komitmen apa yang kita kumpulkan, kita berikan kepada para mustahik. Sebagaimana yang sudah diajarkan oleh bapak wakil presiden KH Ma'ruf Amin bahwa di Baznas tidak boleh ada dana yang terinvestasi, karena dana Baznas adalah dana mustahik, yaitu kita berikan kepada mustahik," ujar Kiai Noor.

Kiai Noor juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, Menteri Agama RI, yang telah membuka Rakornas Baznas 2023, serta seluruh pihak yang mendukung penyelenggaraan acara.

Turut hadir dalam pembukaan acara Rakornas Baznas 2023 Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad, Wakil Ketua Baznas RI, Mo Mahdum, Para Pimpinan Baznas RI, dan jajaran pengurus Baznas.

Penyelenggaraan Rakornas Baznas 2023 didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Midtrans, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Bank Mandiri, Jamkrindo Syariah, Bank Muamalat, ParagonCorp, Antam, dan Logam Mulia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement