Kamis 07 Sep 2023 19:43 WIB

Mamah Dedeh Ingkatkan Perilaku Hedon Istri Pejabat: Sombong Saudaranya Setan

Perilaku sombong akan membinasakan manusia di dunia dan akhirat

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ustadzah Mamah Dedeh menegaskan perilaku sombong akan membinasakan manusia di dunia dan akhirat
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustadzah Mamah Dedeh menegaskan perilaku sombong akan membinasakan manusia di dunia dan akhirat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pendakwah Ustadzah Mamah Dedeh mengungkapkan, terkait video viral perempuan yang membentak siswi SMA di toko merupakan sikap sombong. Mamah Dedeh menjelaskan, bahwa orang yang sombong adalah saudaranya setan. 

"Silakan lihat di dalam Al Hujurat ayat 11. Orang tadi yang memaki siswi SMA magang itu sombong. Dia merasa dirinya hebat, merasa punya kelebihan lebih daripada orang lain, dia saudaranya setan," kata Mamah Dedeh pada Kamis (7/9/2023). Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

Baca Juga

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسسَاۤءٌ مِّنْ نِّسَاۤءٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّۚ وَلَا تَلْمِزُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوْا بِالْاَلْقَابِۗ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوْقُ بَعْدَ الْاِيْمَانِۚ وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS Al-Hujurat ayat 11). 

"Ketika Allah perintahkan sujud kepada Adam 'Wa idz qulnaa lilmalaaa'i katis juduu liaadama fasajaduuu illaaa Ibliisa abaa wastakbara wa kaana minal kaafiriin', semua sujud kecuali iblis dia takabur sombong merasa dirinya lebih hebat daripada Adam," ucap Mamah Dedeh. 

Adapun Iblis menolak untuk bersujud kepada adam sebab Dia merasa lebih hebat dari manusia. Allah ﷻ menciptakan iblis dari api, sementara adam dari tanah Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

قَالَ مَا مَنَعَكَ اَلَّا تَسْجُدَ اِذْ اَمَرْتُكَ ۗقَالَ اَنَا۠ خَييْرٌ مِّنْهُۚ خَلَقْتَنِيْ مِنْ نَّارٍ وَّخَلَقْتَهٗ مِنْ طِيْنٍ  Artinya: “(Allah) berfirman, “Apakah yang menghalangimu (sehingga) kamu tidak bersujud (kepada Adam) ketika Aku menyuruhmu?” (Iblis) menjawab, “Aku lebih baik daripada dia. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.” (QS Al-Araf ayat 12)

Baca juga: 15 Pengakuan Orientalis Non-Muslim Ini Tegaskan Alquran Murni tak Ada Kesalahan

"Kalau ada orang yang merasa dirinya punya kelebihan, lebih cantik, lebih pintar, lebih terkenal, lebih hebat, dan seterusnya dia sombong. Orang sombong adalah saudaranya iblis, naudzubillahimindzalik. Karena Allah berfirman dalam hadits qudsi, sombong adalah selendang-Ku. Siapa yang mengenakan selendang-Ku dia memusuhi-Ku," papar Mamah Dedeh. 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Allah 'Azza wa Jalla berfirman, 'Keagungan adalah kain-Ku dan kesombongan adalah selendang-Ku. Siapa yang menandingi Aku pada salah satu dari keduanya, sungguh Aku akan mengazabnya." (HR Muslim). 

Baca juga: Bagaimana Laut Merah Bisa Terbelah oleh Tongkat Nabi Musa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Adapun jagat media sosial Indonesia dalam beberapa hari ini diramaikan oleh video seorang perempuan di Probolinggo yang membentak siswi magang di sebuah toko. Ternyata, dia merupakan istri seorang polisi dan diketahui bergaya hidup hedon atau sombong 

Buntut perilakunya, suaminya Bripka Nuril Huda yang menjabat sebagai Ps Kanit Binmas Polsek Tiris dicopot dari jabatannya. Belakangan, perempuan bernama Luluk Sofiatul Jannah tersebut sudah meminta maaf secara terbuka. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement