Jumat 25 Aug 2023 21:16 WIB

Wapres: Animo Masyarakat Terhadap Layanan Kesehatan Sesuai Syariat Meningkat

Wapres mengapresiasi peran MUKISI dalam penetapan puluhan RS Syariah

Wakil Presiden Ma
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) menggelar acara International  Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) ke-5 bertempat di Nusantara Hall ICE BSD Tangerang, Banten. Acara ini berlangsung selama tiga hari antara 25-27 Agustus 2023. IHEX ke-5 diharapkan menguatkan kolaborasi untuk meningkatkan layanan kesehatan syariah di Indonesia.

Kegiatan yang mengangkat tema "Islamic Finance X Syariah Hospital Chain", 5th IHEX tahun ini diharapkan dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak terutama di bidang pelayanan keuangan syariah.  Tak hanya itu, kegiatan tahunan yang digelar MUKISI itu diharapkan dapat membuat Rumah Sakit (RS) atau layanan kesehatan yang sudah bersertifikasi syariah bisa bersama-sama menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Wakil Presiden RI Prof Dr KH Ma’ruf Amin menyambut baik momentum acara IHEX ke 5 tahun 2023 ini yang bersamaan dengan peluncuran klinik dan laboratorium syariah pertama di Indonesia. Terobosan ini sebagai respon terhadap meningkatnya animo masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan sesuai syariat. Diharapkan klinik dan laboratorium syariah tersebut dapat memberikan layanan yang cepat, mudah, bemutu dan sesuai degan syariat.

Kiai Ma'ruf menuturkan dalam keynote speaker pada kegiatan 5th IHEX 2023 bahwa pelayanan kesehatan yang sesuai kaidah Islam semakin dibutuhkan baik oleh umat Muslim ataupun masyarakat.  Untuk itu, wapres melanjutkan, pemerintah terus mendorong pengembangan industri kesehatan syariah di Indonesia. Pengembangan ini bukan hanya mencakup rumah sakit syariah tapi juga ekosistem pelayanan kesehatan syariah antara lain, farmasi, alat kesehatan, makanan dan minuman halal. 

 

photo
Sepanjang 2018 hingga awal 2019, Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) telah mencatat 54 rumah sakit untuk menjadi RS Syariah. - (dok. Mukisi)

"Selain itu, pengembangan industri syariah juga perlu berorientasi dengan sumber daya manusia dan kompetensi syariah serta pembiayaan keuangan syariah dan jasa-jasa pendukung lainnya yang berstandar syariah," tutur dia lewat keterangan tertulis kepada Republika, Jumat (25/8/2023).

Ia pun mengapresiasi peran MUKISI yang telah mendorong ditetapkannya puluhan RS yang sudah bersertifikasi RS Syariah dan RS yang telah berkomitmen untuk bisa mendapatkan sertifkasi syariah. Menurut dia, capaian ini hendaknya diakselerasi agar terus dapat menjangkau anggota MUKISI yang saat ini ada sekitar 500 RS Islam dan tersebar di seluruh Indonesia.

"Ke depannya saya minta MUKISI agar konsisten pertama melakukan sosialisasi dan edukasi, kedua mendorong meningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat tentang layanan kesehatan syariah dan ketiga memperluas kolaborasi dengan pemangku kepentingan guna semakin mengukuhkan ekosistem kesehatan syariah nasional," jelas dia.

Ketua Pelaksana Acara IHEX 2023 dr Yahmin Setiawan menjelaskan, acara ini bertujuan untuk melanjutkan kolaborasi dan sinergi antara banyak pihak."Antara MUKISI dan RS, Klinik atau laboratorium yang menerapkan landasan syariah dari DSN MUI serta berbagai mitra sehingga dapat menuju kebangkitan RS Syariah, Klinik Syariah, Laboratorium Syariah di Nusantara," ujar dr Yahmin Setiawan.

Ketua Divisi Aliansi Strategis MUKISI ini juga menyampaikan bahwa ada beragam rangkaian acara dalam 5th IHEX 2023, seperti seminar internasional, workshop dan pelatihan, MUKISI Innovation dan MUKISI Award serta Tabligh Akbar yang dihadiri oleh KH. Abdullah Gymnastiar atau lebih dikenal AA Gym sebagai narasumber. 

“Ada banyak seminar ilmiah internasional dengan beragam topik besar yang sudah kami siapkan di antaranya adalah, financial syariah serta tema tentang mutu pelayanan rumah sakit dalam standar nasional dan internasional. Ada workshop dan pelatihan kurang lebih ada 13 judul tema,” jelasnya. 

Baginya, IHEX merupakan momentum untuk silaturahmi antara seluruh anggota dari MUKISI baik dari RS, institusi pendidikan, klinik ydan laboratorium medik sehingga bisa saling berbagi dan menguatkan atas berbagai tantangan yang ada. Yahmin berharap kegiatan IHEX dan MUKISI ini bisa menyosialisasikan RS Syariah ke seluruh provinsi di Indoensia. Sehingga tagline ‘Bangkitkan RS Syariah di Indonesia' bisa diwujudkan dengan baik. 

Ketua MUKISI dr Masyhudi, MKes dalam sambutannya menambahkan,  MUKISI terus berupaya membangkitkan eksosistem kesehatan Islam. "Lima tahun terakhir ini, kita aktif memberi sertifikasi Rumah Sakit Syariah. Ada 77 rumah sakit yang sedang berproses, 31 sudah mendapatkan sertifikasi syariah, 4 di antaranya milik RS pemerintah. Mohon doanya agar kita tetap konsisten dan istiqomah," ujar Masyhudi.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement