Selasa 22 Aug 2023 16:06 WIB

Ikadi Jawa Barat Tolak Pembangunan Patung Sukarno di Bandung Barat

Ada sejumlah pertimbangan Ikadi Jabar menolak pembangunan patung Sukarno.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Ikadi Jawa Barat Tolak Pembangunan Patung Sukarno di Kabupaten Bandung . Foto: Logo IKADI
Foto: islamedia.web.id
Ikadi Jawa Barat Tolak Pembangunan Patung Sukarno di Kabupaten Bandung . Foto: Logo IKADI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Pengurus Wilayah Ikatan Da'i Indonesia (PW Ikadi) Jawa Barat menolak rencana pembangunan patung Sukarno di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dalam pernyataan sikap yang dikeluarkan PW Ikadi Jabar yang diterima Republika.co.id pada Selasa (22/08/2023) PW Ikadi Jabar meminta agar rencana pembangunan patung Sukarno itu dibatalkan.

"Kami sangat keberatan dengan rencana pembangunan patung Ir. Sukarno tersebut dan kami meminta agar rencana tersebut dibatalkan demi kemaslahatan yang lebih besar," begitu dalam surat pernyataan PW Ikadi Jabar yang ditandatangani oleh Ketua Umum PW Ikadi Jabar, KH. Arif Ramdani. 

Baca Juga

Ada sejumlah pertimbangan PW Ikadi Jabar sehingga menolak pembangunan patung Sukarno di Kabupaten Bandung. PW Ikadi Jabar berpendapat bahwa cara menghormati Sukarno sebagai pendiri bangsa tidak harus dengan membangun patung yang megah dengan biaya yang sangat mahal. Tetapi dengan cara meneruskan cita-cita mulianya dalam membangun bangsa dan negara menjadi bangsa yang maju, mandiri, bermartabat, serta menanamkan semangat perjuangan Sukarno khususnya pada generasi muda. 

Diketahui bahwa rencana pembangunan patung Sukarno itu diperkirakan menghabiskan anggaran hinga Rp 15 miliar. Bahkan dari kabar terbaru, pembangunan monumen ini dapat mencapai Rp 10 triliun hingga Rp 20 triliun.

Selain itu PW Ikadi Jabar berpendapat bahwa pembangunan patung Sukarno di Kabupaten Bandung bukan suatu yang mendesak. Bahkan dinilai akan menimbulkan kontradiktif dengan situasi dan kondisi Jawa Barat yang masih menghadapi berbagai persoalan dalam bidang ekonomi, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM. PW Ikadi Jabar menilai prioritas pembangunan di Jabar hendaknya fokus pada pengentasan kemiskinan, pemerataan pendidikan, pembenahan infrastruktur, pembukaan lapangan kerja, dan program lain yang realistis yang manfaatnya dirasakan langsung masyarakat Jabar. Selain itu dengan rencana biaya pembuatan patung yang besar dinilai akan melukai hati masyarakat. Kendati menggunakan dana pihak ketiga, namun menurut PW Ikadi Jabar akan lebih maslahat digunakan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

"Kultur masyarakat Jabar yang religius dan mayoritas penduduknya beragama Islam, maka pembangunan patung akan menimbulkan kontroversi secara ideologi terutama di kalangan para ulama, karena dapat menimbulkan kultus individu dan berpotensi menjadi sumber penyimpangan akidah bagi kaum Muslim terutama kalangan masyarakat awam," pernyataan PW Ikadi Jabar.

Selain itu Ikadi Jabar berpendapat bahwa pembangunan patung mengganggu situasi masyarakat Jabar yang sudah kondusif, toleran, dan penuh persaudaraan. Karena itu PW Ikadi Jabar mendesak Pemprov Jabar dan pihak-pihak yang terlibat dalam rencana pembuatan patung Soekarno itu memperhatikan aspirasi para ulama, ormas Islam, dan tokoh masyarakat serta lembaga Islam.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement