Selasa 22 Aug 2023 16:01 WIB

MUI Tegaskan Produk Nabidz Haram, Mengandung Kadar Alkohol Tinggi

Produk minuman yang mengandung alkohol haram dikonsumsi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 MUI Tegaskan Produk Nabidz Haram, Mengandung Kadar Alkohol Tinggi. Foto:  Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Shaleh
Foto: Republika/Thoudy Badai
MUI Tegaskan Produk Nabidz Haram, Mengandung Kadar Alkohol Tinggi. Foto: Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Shaleh

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh menegaskan bahwa produk Nabidz haram. Hal itu berdasar temuan tiga laboratorium kredibel yang melaporkan kepada Komisi Fatwa MUI bahwa kadar alkohol Nabidz tinggi melampaui standard halal.

"Komisi Fatwa telah mendapatkan informasi dari tiga uji laboratorium berbeda yang kredibel terkait dengan produk Nabidz, dari ketiga hasil uji lab tersebut diketahui bahwa kadar alkohol pada produk Nabidz cukup tinggi, maka haram dikonsumsi Muslim," kata Kiai Niam dilansir dari laman MUI Digital, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga

Kiai Niam mengatakan, temuan tiga laboratorium ini menunjukkan bahwa proses pemberian sertifikasi halal kepada Nabidz tersebut bermasalah.

Ia menegaskan, sesuai pedoman dan standar halal yang dimiliki MUI. MUI tidak menetapkan kehalalan produk yang menggunakan nama yang terasosiasi dengan yang haram. Hal ini termasuk dalam hal rasa, aroma, dan kemasan seperti wine. Apalagi jika prosesnya melibatkan fermentasi anggur dengan ragi, persis seperti pembuatan wine.

"Karena menyalahi standard halal MUI, Komisi Fatwa tidak pernah memberikan sertifikasi halal pada produk Nabidz, sehingga MUI tidak bertanggung jawab soal terbitnya sertifikasi halal Nabidz ini," ujar Kiai Niam.

Kiai Niam menjelaskan,Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2003 tentang Standardisasi Halal menyebutkan empat kriteria penggunaan nama dan bahan. Empat kriteria tersebut yakni:

1. Tidak boleh mengkonsumsi dan menggunakan nama dan atau simbol-simbol makanan dan atau minuman yang mengarah kepada kekufuran dan kebatilan.

2. Tidak boleh mengkonsumsi dan menggunakan nama dan atau simbol-simbol makanan/ minuman yang mengarah kepada nama-nama benda/ binatang yang diharamkan terutama babi dan khamr, kecuali yang telah mentradisi (‘urf) dan dipastikan tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan seperti nama bakso, bakmi, bakwan, bakpia dan bakpao.

3. Tidak boleh mengkonsumsi dan menggunakan bahan campuran bagi komponen makanan/ minuman yang menimbulkan rasa/ aroma (flavour) benda-benda atau binatang yang diharamkan, seperti mie instan rasa babi, bacon flavour dan lain-lain.

4. Tidak boleh mengkonsumsi makanan/ minuman yang menggunakan nama-nama makanan/ minuman yang diharamkan seperti whisky, brandy, beer dan lain-lain.

Kiai Niam mengatakan, Fatwa MUI Nomor 10 Tahun 2018 tentang Produk Makanan dan Minuman yang mengandung Alkohol/ Etanol menyebutkan bahwa minuman beralkohol yang masuk kategori khamr adalah minuman yang mengandung alkohol/ etanol (C2H5OH) minuman 0,5 persen.

"Melihat dari dua fatwa tersebut, berarti ada persyaratan yang tidak terpenuhi pada produk Nabidz. Pertama, terkait dengan bentuk kemasan dan sensori produk. Kedua, produk minuman telah melalui serangkaian proses sehingga diperlukan uji etanol. Oleh karenanya, produk seperti ini seharusnya tidak bisa disertifikasi melalui jalur self declare,” jelas Kiai Niam.

Kiai Niam juga mengimbau kepada umat Islam agar tidak mengkonsumsi produk-produk yang mengandung alkohol. Karena setiap yang mengandung alkohol disebut haram untuk dikonsumsi.

"Produk minuman yang mengandung alkohol haram dikonsumsi. Khamr adalah setiap minuman yang memabukkan,” ujarnya.

Dengan demikian, ia menegaskan, masyarakat Muslim harus menjauhi produk minuman beralkohol, maupun produk-produk minuman yang berasosiasi dengan minuman beralkohol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement