Ahad 20 Aug 2023 16:25 WIB

UAS: Sebanyak 72 Persen Muslim Indonesia Buta Aksara Alquran

UAS mengajak umat Muslim berantas buta aksara Alquran

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Suasana acara Amazing Muharram 12 saat Ustaz Abdul Somad berceramah di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Ahad (20/8/2023).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Suasana acara Amazing Muharram 12 saat Ustaz Abdul Somad berceramah di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Ahad (20/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dai kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu penceramah di acara Amazing Muharram Ke-12 di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Ahad (20/8/2023). 

Dalam ceramahnya, UAS mengingatkan lagi bahwa 72 persen Muslim Indonesia buta aksara Alquran. 

Baca Juga

"Sebanyak 72 persen Muslim Indonesia buta aksara Alquran, kita boleh bangga (Indonesia) sebagai (negara) Muslim terbesar di dunia, jamaah haji terbanyak di dunia, tapi buta huruf Alquran 72 persen," kata UAS saat berceramah di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Ahad (20/8/2023). 

Sambil bercanda kepada jamaah acara Amazing Muharram Ke-12, UAS mengatakan, kalau nanti ada yang mengupload video ceramah ini, edit videonya. Supaya tidak malu nanti saat ceramah di Malaysia dan Brunei Darussalam. 

Mendengar candaan UAS, jamaah di dalam ruangan tertawa semua. UAS menambahkan, apa kata orang Malaysia dan Brunei, UAS ceramah jauh-jauh, tapi di Indonesia 72 persen buta aksara Alquran. 

"Masa edit video saja tidak bisa, di negeri ini semua bisa diedit," ujar UAS kemudian disambut tepuk tangan dan tertawa jamaah. 

Kepada para jamaah, UAS mengatakan, kalau mau mengembalikan kejayaan Indonesia, maka kembali kepada Alquran. 

Amazing Muharram Ke-12 diselenggarakan oleh Cinta Quran Foundation dalam momentum peringatan Muharram yang suci. Acara Amazing Muharram Ke-12 melibatkan beberapa pembicara inspiratif nasional dan internasional yang memiliki kompetensi baik dalam ilmu maupun pengalaman. 

Beberapa di antaranya adalah Ustadz Abdul Somad, Ustadz Fatih Karim, Habib Ali Zainal Abidin Al Kaff, Vince Asya Focarelli, Arie K Untung, Coach Jamil Azzaini, Coach Harri Firmansyah, Coach Asep Supriatna, Taufiq Ismail, Opick Tombo Ati, Ummu Sajjad, dan Angelina Sondakh. 

Rangkaian acara Amazing Muharram tahun ini meliputi training, talkshow, dan entertainment, yang bertujuan untuk menggerakkan pikiran, hati, dan perasaan para peserta. 

Pendiri dan CEO Cinta Quran, Ustadz Fatih Karim, mengatakan, lebih dari sekadar acara inspiratif, Amazing Muharram Ke-12 juga memiliki tujuan amal yang mulia. Seluruh kegiatan ini didedikasikan untuk mendukung Syiar Quran Project (SQP), khususnya program Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ). 

Baca juga: Sosok Perempuan Hebat di Balik Tumbangnya Tiran dan Singgasana Firaun

"IBBQ adalah inisiatif yang membebaskan lebih dari 100 ribu orang di Indonesia dari buta aksara Alquran sejak 2012. Kelas pelatihan tidak berbayar yang diselenggarakan di seluruh pelosok Indonesia telah berhasil menjangkau wilayah di 34 provinsi, membawa pencerahan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk lebih memahami Alquran," ujar Ustadz Fatih. 

Ustadz Fatih menyampaikan, acara ini diperkirakan dihadiri sekitar 4.000 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka datang dengan tujuan untuk mendapatkan inspirasi hijrah dan bersama-sama berkontribusi untuk menjadikan negeri ini lebih baik. 

"Dengan semangat untuk membangun kebahagiaan, kedamaian, dan makna yang berkelanjutan dalam kehidupan, Amazing Muharram 12 diharapkan akan membuka pintu bagi perubahan positif dalam menjalani Infinity Life," kata Ustadz Fatih.  

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement