Kamis 17 Aug 2023 11:21 WIB

Peringatan Kemerdekaan RI Jadi Momentum Baznas Tingkatkan Pelayanan

Baznas juga merayakan peringatan HUT RI di Kantor Baznas, Jakarta.

Wakil Ketua BAZNAS Mokhamad Mahdum saat perayaan Kemerdekaan RI ke-78 di Kantor BAZNAS.
Foto: Dok. BAZNAS
Wakil Ketua BAZNAS Mokhamad Mahdum saat perayaan Kemerdekaan RI ke-78 di Kantor BAZNAS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 menjadi momentum bagi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI untuk meningkatkan pelayanan bagi mustahik dan muzaki. Upacara peringatan HUT RI ke-78 diselenggarakan dengan khidmat di halaman Kantor BAZNAS RI, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Pada kesempatan upacara yang diikuti oleh para amil BAZNAS RI tersebut, Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum menyampaikan pentingnya meningkatkan kinerja amil dalam melayani muzaki maupun mustahik. "Di upacara HUT RI ke-78 ini, saya mengajak para amil BAZNAS untuk menjadi amil yang merdeka, yang memiliki otoritas dalam menjalankan amanah dengan bekerja sebaik-baiknya melayani muzaki maupun mustahik," ujar Mahdum.

Baca Juga

Mahdum menegaskan, dengan kejujuran dan kedisiplinan amil BAZNAS dapat meningkatkan kinerjanya agar mampu meningkatkan pelayanan kepada muzaki dan mustahik. Dengan demikian, cita-cita 'Mustahik Merdeka' dapat terwujud.

"Survey di Amerika membuktikan bahwa di antara 733 kriteria yang membuat orang sukses, dua terbesar adalah kejujuran dan kedisiplinan," ujar Mahdum.

 

Mahdum mengajak para amil BAZNAS untuk menjadikan momentum Hari Kemerdekaan RI untuk bersama-sama meningkatkan kedisiplinan dan kinerja dalam menjalankan tugas melayani muzaki maupun mustahik secara optimal.

Menurut Mahdum, pada tahun 2020 pengumpulan dana BAZNAS mencapai sekitar Rp 386 miliar. Dua tahun kemudian (2022) meningkat menjadi Rp 640 miliar. Dan di periode ini (2023) pencapaian pengumpulan sudah hampir mencapai Rp 700 miliar.

"Ini artinya kepercayaan dari muzaki begitu besar. Kita harus jaga kepercayaan ini dengan meningkatkan kinerja pelayanan secara optimal," tegasnya.

Mahdum meyakini, perubahan kinerja amil yang dilakukan secara sistematik dan bersama-sama, meskipun kecil, dapat mewujudkan cita-cita "Mustahik Merdeka".

"Insyaallah kita semua bisa melakukannya," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement