Rabu 16 Aug 2023 10:04 WIB

Turunkan Angka Kemiskinan di Kaltim, Gubernur Kaltim Apresiasi Baznas

Baznas berkontribusi menurunkan angka kemiskinan di Kaltim yang masih di 6,3 persen.

 Ketua Baznas RI, Prof Noor Achmad, mengapresiasi dukungan yang diberikan Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Baznas setempat.
Foto: Baznas
Ketua Baznas RI, Prof Noor Achmad, mengapresiasi dukungan yang diberikan Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Baznas setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, BONTANG -- Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor, mengapresiasi kerja semua elemen Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang dinilainya sangat mulia. Sebab lembaga pemerintah nonstruktural ini memiliki kontribusi besar membantu pemerintah menurunkan angka kemiskinan yang saat ini masih 6,3 persen di Kaltim. 

Hal ini diucapkannya saat pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas se-Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara). Rakorda bertemakan “Memperkuat Baznas Sebagai Lembaga Utama Menyejahterakan Umat” ini diselenggarakan di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Senin dan Selasa (14-15/8/2023). 

Baca Juga

“Selamat melaksanakan rakor dengan keikhlasan lillahi ta’ala. Laksanakan koordinasi dengan baik. Dasarnya UU Nomor 23 Tahun 2011,” ucap Gubernur Isran. 

Pernyataan Gubernur Isran dilatari kinerja yang dilakukan Baznas se-Kaltim dan Kaltara yang selama ini sangat proaktif membantu masyarakat. Manfaatnya sudah banyak dirasakan masyarakat setempat, termasuk di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kemanusiaan. Baznas setempat juga secara aktif membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), mulai dari pemberian modal usaha, membimbing, mengawasi serta membantu meningkatkan kerohanian masyarakat.

 

Sementara itu, Ketua Baznas RI, Prof Noor Achmad, mengapresiasi dukungan yang diberikan Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Baznas setempat. Dengan adanya dukungan dari pihak pemerintah daerah, hal itu akan makin menguatkan peran Baznas dalam tata kelola zakat. “Semangat Pak Gubernur sangat luar biasa untuk Baznas,” katanya dalam siaran pers.

Noor menambahkan, pihaknya juga mendukung penuh pelaksanaan rakorda yang diikuti 95 peserta dari seluruh Kaltim dan Kaltara tersebut. "Alhamdulillah, Baznas RI mendukung penuh pelaksanaan Rakorda ini demi mengeratkan dan menguatkan pengelolaan zakat di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Dengan sinergi yang terjalin, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Noor Achmad. 

Rakorda itu turut dihadiri Wali Kota Bontang Basri Rase, Wakil Wali Kota Bontang Najirah, Ketua Baznas Kaltim Ahmad Nabhan, dan jajaran terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement