Rabu 09 Aug 2023 10:58 WIB

Buntut Bentrokan Muslim-Hindu, Beredar Surat Larangan Pedagang Muslim Masuk 50 Desa

Surat itu mengatakan Muslim harus menyerahkan dokumen identitas mereka kepada polisi.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Keluarga-keluarga muslim di Gurugram, India diusir dan diminta untuk pergi dalam dua hari
Foto:

Dia menambahkan mencabut surat itu setelah penasihat hukumnya mengatakan kepadanya bahwa adalah melanggar hukum untuk memilih sebuah komunitas berdasarkan agama.

"Saya tidak tahu bagaimana surat itu mulai beredar di media sosial. Kami telah menariknya," kata dia.

Menurut Vikas, Saidpur adalah desa pertama yang mengeluarkan surat itu dan yang lainnya menyusul. Seorang warga desa tetangga desa lain, Tajpur, mengutip berita kekerasan di Nuh dan desakan dari bade log (orang kuat) untuk mengeluarkan surat tersebut.

"Kami tidak punya masalah di sini. Tapi ada panggilan dan kunjungan dari bade log, yang mungkin mengarah ke hal itu," kata dia.

Dengan total 750 kepala keluarga, desa ini tidak memiliki satu pun keluarga dari masyarakat minoritas. Penduduk setempat juga mengatakan mereka tidak memiliki kekhawatiran seperti itu.

"Kami sama sekali tidak tertarik pada hal- hal yang bukan urusan kami," kata Rohtas Singh, sambil mengocok setumpuk kartu di bawah pohon peepal di depan kuil desa.

Mereka menjalani kehidupan yang sederhana dan damai. Mereka mengetahui apa yang terjadi di Nuh, tetapi kami tidak memiliki ketegangan komunal atau masalah keamanan di sini.

Skenario di Nuh telah menghentikan bisnis...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement