Jumat 21 Jul 2023 13:53 WIB

Peletakan Batu Pertama SMP/SMA Darul Hikam Bertepatan Tahun Baru Islam

Darul Hikam memiliki standar kurikulum nasional dan internasional

Peletakan Batu Pertama SMP/SMA Darul Hikam
Foto: Dok Darul Hikam
Peletakan Batu Pertama SMP/SMA Darul Hikam

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Peletakan batu pertama gedung SMP dan SMA terbaru Sekolah Terpadu Darul Hikam di Jalan Sancang No 2-4 Kota Bandung, Jawa Barat, menandai bertambahnya jaringan ke-16 dari sekolah yang memiliki standar kurikulum nasional dan internasional, termasuk kurikulum ACT (Amerika Serikat) ini. Jejaring lembaga pendidikan tersebut Darul Hikam yang telah berhasil membina siswa dari playgroup hingga sekolah menengah atas selama 57 tahun.

Peletakan batu pertama dilakukan  pada Rabu, 19 Juli 2023 bertepatan dengan 1 Muharram 1445 H. Acara tersebut tidak hanya melambangkan pertumbuhan dan perluasan Darul Hikam, tetapi juga menandakan lompatan ke depan yang signifikan bagi institusi.

Dengan komitmen teguh untuk mempercepat pertumbuhan dan menangkap peluang baru, Darul Hikam berencana membangun kehadirannya di ibu kota provinsi dan kota kota satelit di seluruh Indonesia. Dengan target membangun 75 Jaringan sekolah pada tahun 2041, bertepatan dengan ulang tahun ke-75 lembaga tersebut.

Peletakan batu pertama hadirkan tamu dari unsur pemerintah, tokoh pendidikan, dan perwakilan masyarakat, yang akan bergabung dengan keluarga besar Darul Hikam dalam acara tersebut. Acara ini diisi sambutan, penampilan, dan peletakan batu pertama secara simbolis, sebagai simbol komitmen sekolah untuk membangun landasan pendidikan yang kokoh bagi generasi mendatang.

Dr.Ir.H. Sodik Mudjahid, M.Sc, Ketua Yayasan Darul Hikam, mengaku peletakan batu pertama tersebut menjadi babak baru dalam perjalanan Darul Hikam sebagai lembaga pendidikan. "Peletakan batu pertama ini tidak hanya mewakili komitmen kami terhadap pendidikan unggul, tetapi juga mencerminkan tekad kami untuk memperluas jangkauan kami dan berdampak positif bagi lebih banyak siswa. Dengan gabungan standar kurikulum nasional, internasional, dan dengan nilai-nilai khas Darul Hikam yang sudah matang, untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang transformatif bagi siswa kami," ujar dia lewat keterangan tertulis kepada Republika.co.id.

Gedung SMP dan SMA baru Darul Hikam akan menyediakan fasilitas dan sumber daya mutakhir untuk mendukung perkembangan holistik siswa. Selain kurikulum inti nasional, sekolah akan terus menawarkan program-program yang diakui secara internasional sesuai dengan standar ACT, memastikan bahwa siswa menerima pendidikan menyeluruh yang mempersiapkan mereka untuk dunia global. Selanjutnya, sekolah akan mempertahankan kurikulum Darul Hikam yang telah diasah selama 57 tahun, dengan fokus pada penanaman nilai-nilai moral dan pengembangan karakter pada siswa.

Darul Hikam memasuki fase baru pertumbuhan dan perkembangan, tetap berdedikasi untuk meneruskan upayanya dalam menyediakan pendidikan berkualitas, menumbuhkan nilai-nilai moral yang kuat, dan memberdayakan siswa untuk menjadi individu berprestasi yang berkontribusi secara berarti bagi masyarakat.

Lokasi DHIS Sancang yang terletak di Jalan Sancang nomor 2-4 Kota Bandung Provinsi Jawa Barat, menempati lahan seluas 3.000 m2 dengan 24 ruang kelas dengan desain dan interior modern serta berbagai fasilitas pendukung seperti laboraturium bahasa, biologi, kimia, musik, olahraga, kantin dan sarana ibadah yang memadai untuk pembentukan karakter siswa yang berakhlak dan berprestasi, pembelajaran akan dimulai pada tahun ajaran baru tahun 2024 mendatang.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement