Jumat 25 Aug 2023 14:29 WIB

Sekolah Menengah Khusus Islam Pertama Liverpool Disetujui

Sekolah tersebut terbuka untuk anak-anak dari semua agama.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Liverpool
Foto: About Islam
Masjid Liverpool

REPUBLIKA.CO.ID,LIVERPOOL -- Sebuah sekolah menengah khusus agama Islam pertama akan dibuka di Liverpool tahun ini. Lembaga pendidikan tersebut menawarkan kurikulum akademik yang luas dan seimbang.

Rencana untuk mendirikan Akademi Kepemimpinan Eden Girls telah disetujui oleh Departemen Pendidikan Liverpool. Ini merupakan salah satu di antara 15 sekolah baru lainnya di seluruh negeri.

Baca Juga

Adapun hadirnya sekolah tersebut ternyata diprakarsai oleh Star Academies. Lembaga multi-akademi nirlaba tersebut telah mengelola sekolah-sekolah di seluruh negeri.

Eden Girls juga disebut-sebut menjadi sekolah Muslim pertama di kota Liverpool. Di dalamnya akan disediakan 800 ruang untuk anak perempuan berusia antara 11 dan 18 tahun.

Meskipun sekolah ini merupakan sekolah yang ditunjuk berdasarkan agama Islam, namun mereka tidak akan menerapkan kebijakan penerimaan berdasarkan agama. Kebijakan penerimaan berbasis komunitas akan diberlakukan, yang berarti sekolah tersebut terbuka untuk anak-anak dari semua agama maupun yang tidak beragama.

Selama awal pembukaan, sekolah akan menerima 120 siswa di Kelas 7. Hal ini akan berlangsung terus menerus di setiap awal tahun ajaran, yang mana di tahun keenamnya akan berkapasitas 200 tempat.

Star Academies mengatakan Eden Girls School Liverpool akan menawarkan kurikulum akademik yang luas dan seimbang. Di dalamnya juga disiapkan program kepemimpinan yang beragam, untuk menginspirasi siswanya agar terlibat dalam kegiatan amal dan aksi sosial.

Saat ini, lokasi pendirian sekolah baru belum ditentukan. Sekolah gratis ini didanai oleh pemerintah, tetapi tidak dijalankan oleh pemerintah daerah. Sebaliknya, sekolah tersebut dijalankan oleh organisasi lain, paling umum adalah lembaga akademi, tetapi bisa juga dunia usaha dan universitas.

"Di mana pun mereka tinggal dan apa pun latar belakang mereka, anak-anak berhak mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi," ujar Kepala Eksekutif Star Academies, Sir Hamid Patel CBE, dikutip di Liverpool Echo, Jumat (25/8/2023).

Pihaknya merasa sangat senang mengetahui permohonannya untuk membuka sekolah menengah baru telah disetujui. Akademi Kepemimpinan Eden Girls disebut akan membantu membuka potensi ribuan anak muda di Merseyside.

Program sekolah gratis yang dicanangkan pemerintah juga disampaikan terus memberikan inovasi dan kreativitas ke dalam sistem sekolah. Pihaknya merasa bangga, karena sekolah barunya akan menjadi bagian dari program terbaru ini.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra dan komunitas lokal, untuk memungkinkan lebih banyak generasi muda di Liverpool menerima kualitas pendidikan dan peluang aspirasi yang layak mereka dapatkan," lanjut dia.

Star Academies telah menaungi sejumlah sekolah di negara tersebut, seperti Tauheedul Islam Girls School di Blackburn, Eden Boys School di Birmingham, dan Eden Girls School di Coventry. Mereka memiliki nilai kemajuan murid tertinggi di negara tersebut. 

Sumber:

https://www.liverpoolecho.co.uk/news/liverpool-news/new-liverpool-secondary-school-approved-27565306

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement