Ahad 09 Jul 2023 23:30 WIB

Kawasan Masjid Sheikh Zayed Solo akan Ditanam Puluhan Pohon yang Disebut dalam Alquran 

Puluhan pohon yang disebut dalam Alquran akan ditanam di kawasan Masjid Sheikh Zayed.

Rep: C02/ Red: Muhammad Hafil
 Suasana Masjid Zayed Solo jelang pembukaan untuk ibadah itikaf, Selasa (11/4/2023) malam.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Suasana Masjid Zayed Solo jelang pembukaan untuk ibadah itikaf, Selasa (11/4/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO–Pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bakal menanam sejumlah pohon yang berada di Al Quran di kawasan. Tujuannya adalah sarana edukasi untuk masyarakat. 

"Kita akan tanam untuk memberikan edukasi. Akan kita kasih juga tulisan-tulisan biar tahu ini pohon apa," kata Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Munajat, Sabtu (8/7/2023). 

Baca Juga

Munajat mengatakan bahwa nantinya akan ada barcode untuk menjelaskan mengenai rincian pohon tersebut. "Surat apa, ayat berapa, maksudnya apa.Nanti penjelasannya kita kasih barcode. Untuk penjelasan lebih lanjut ke website," katanya. 

Munajat menjelaskan bahwa penanaman tersebut terinspirasi dari Uni Emirat Arab dekat Dubai bernama bustanul Quran. Dimana semua tanaman yang ada di dalam Qur'an ditempatkan dalam sebuah kaca. 

 

"Kita tinggal jatuhkan (tanam) bisa hidup sendiri. Kita bertahap nanti, ini sebagian sudah ditanam. Tin sudah kita tanam tapi belum kita kasih tulisan. Lokasi di sekitar masjid, untuk memperindah (diletakkan di dalam kaca) namun ada sisi edukasinya," katanya. 

Munajat menjelaskan akan ada setidaknya 29 jenis tanaman yang di tanam di kawasan Masjid Raya Sheikh Zayed. Dimana rata-rata tanaman tersebut didatangkan dari Indonesia. 

"Masalahnya yang zaitun bisa muncul buahnya ndak gitu. Pohonnya bisa, cuma berbuah kita belum tahu. Kita ini baru cari- cari yang terbaik," katanya mengakhiri. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement