Selasa 30 May 2023 11:44 WIB

UAH Raih Gelar Honoris Causa dari Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ustaz Adi Hidayat merupakan pendakwah masa kini yang berwawasan luas.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Tangkapan layar penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kepada Ustaz Adi Hidayat, Selasa (30/5/2023)
Foto:

Hasil pendidikan Nabi

Di sisi lain, hasil pendidikan Nabi yang berkelanjutan juga menghasilkan pemimpin, birokrat, ulama dan 5 saudagar terbaik. Di antaranya adalah Utsman bin Afwan senilai 850 juta USD, Zubair bin Awwam senilai 1 miliar USD setara Rp 72 ribu triliun, serta Abdurrahman bin Auf dengan kekayaan sebesar 2 miliar USD di eranya.

"Nabi mengajarkan Alquran bukan sekedar bacaan, tetapi sekaligus dengan makna dan implementasinya. Ada 6.236 ayat Alquran, yang jika dikeluarkan akan menjadi kurikulum kehidupan, yang sesuai dan terkolerasi dengan semua aktifitas kehidupan di muka bumi," ucap dia.

UAH pun mencontohkan ada 70 ayat berisikan tentang rumah tangga. Hasil dari ayat-ayat ini akan menghasilkan keluarga yang luar biasa dan tokoh yang tidak hilang dalam perjalanan sejarah. Contohnya, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hanbal.

Adapun ayat yang berisikan tentang bisnis berjumlah 10 ayat, tentang peningkatan pengetahuan sebanyak 779 ayat, tentang tata negara 25 ayat, hukum pidana 70 ayat, hukum acara 13 ayat, dan sebagainya.

Terakhir, UAH menyebut jika ini semua dirumuskan maka nilai atau //value// yang dihasilkan bisa berkontribusi dalam ketatanegaraan, menghasilkan negara yang maju, mencerahkan dan mendapat ridha dari Allah SWT.

Para ulama, lanjut dia, telah mengeluarkan satu konstruksi implementasi ayat-ayat ini melalui kodifikasi kitab-kitab hadist, yang tersambung pada sunnah-sunnah Rasul dan implementasinya dalam kehidupannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement