Kamis 11 May 2023 07:03 WIB

Pengakuan Menteri Agama 2002 Sulitnya Ungkap Misteri Al Zaytun, Temuan Tim Mangkrak?

Hasil investigasi Al Zaytun simpulkan dugaan penyimpangan

Sholat Idul Fitri di Pondok Pesantren Al Zaytun. Hasil investigasi Al Zaytun simpulkan dugaan penyimpangan
Foto:

Agil selanjutnya menyatakan antara Depag, MUI, LIPI, dan aparat keamanan memang telah sepakat untuk membuka tabir di balik Ponpes Al Zaytun itu. Apalagi sepanjang yang ia ketahui banyak sekali berkembang isu di sekitar kasus tersebut.

''Setahu saya banyak hal yang memang isu saja, seperti isu yang berkembang di masyarakat yakni isu Negara Islam Indonesia (NII). Namun setelah dilakukan penelitian sementara ternyata hasilnya tidak ada dan tidak terbukti," tandas Sayid Agil Al Munawar, sebagaimana dikutip dari dokumentasi Harian Republika.

Namun hasil temuan tim gabungan tersebut menyebutkan adanya dugaan penyimpangan dari Al Zaytun. penelitian di atas menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 

Pertama, NII KW IX adalah salah satu gerakan sempalan dari gerakan NII yang dipimpin oleh Panji Gumilang alias Abdul Salam alias Prawoto.  

Terdapat penyimpangan ajaran dari syariat Islam di dalam NII KW IX di antaranya dosa jamaah bisa ditebus dengan uang, keharusan untuk mendahulukan ajaran NII dibandingkan dengan shalat, dan ajaran terkait hijrah. 

Kedua, kajian yang dilakukan terhadap MAZ menghasilkan belum ditemukan adanya penyimpangan dalam kurikulum yang diajarkan.  

Kendati demikian, tim peneliti mendapatkan laporan bahwa terdapat hidden kurikulum. Selain itu, informasi lain yang didapat adalah adanya perbedaan antara santri orang dalam dan santri orang luar. 

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Dalam artian ini, ada santri yang direkrut dari NII KW IX atau para tokohnya langsung. Ada juga santri yang direkrut secara umum dan terbuka.

Ketiga, terdapat hubungan signifikan antara gerakan NII KW IX dengan MAZ di luar kegiatan pesantren. Hubungan tersebut setidaknya pada tiga aspek berikut: 

1. Aspek kepemimpinan. Indikasi adanya kaitan antara keduanya sebab pemimpin MAZ, guru-guru, maupun karyawan di dalamnya terlibat dalam gerakan NII KW IX. Mereka ada yang menjabat sebagai pemimpin dan anggota di NII KW IX 

2. Hubungan aliran dana. Hasil penelitian mengungkap terdapat aliran dana yang cukup signifikan dari gerakan NII KW IX kepada MAZ yang dihimpun dari dana hijrah, baiat, penebusan dosa, beserta sumber dana lainnya  

3. Hubungan antara NII KW IX dengan kelahiran MAZ secara historis tidak bisa dilepaskan dan merupakan satu bagian di dalamnya.   

 

Temuan-temuan tersebut pun, hingga kini sekadar menjadi catatan di atas kertas belaka. Belum ada keputusan atau langkah tegas apapaun terhadap Al Zaytun yang masih tak tersentuh hingga kini.   

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement