Rabu 19 Apr 2023 19:02 WIB

283 Masjid di Rejang Lebong akan Laksanakan Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri merupakan momentum kebersamaan umat Islam.

Ilustrasi sholat idul fitri.
Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH
Ilustrasi sholat idul fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini mencatat sebanyak 283 masjid di daerah itu akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Rejang Lebong Akhmad Hafizudin mengatakan jumlah masjid yang akan melaksanakan Shalat ID tersebut tersebar dalam 156 desa dan kelurahan di 15 kecamatan. "Saat ini kami masih melakukan pendataan lokasi-lokasi Shalat Idul Fitri di Rejang Lebong. Untuk sementara ini masjid yang akan melaksanakan Shalat ID tercatat sebanyak 283 masjid," kata dia di Rejang Lebong, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga

Jumlah lokasi pelaksanaan Shalat ID di Kabupaten Rejang Lebong ini belum ditambah dengan musala yang jumlahnya mencapai 275 unit namun tidak semuanya akan melaksanakan shalat id.

Sedangkan pelaksanaan shalat id di lapangan yakni di Lapangan Setia Negara Curup. Kemudian Lapangan SMP Negeri Desa Belitar Muka, Kecamatan Sindang Kelingi, dan satu lagi di Lapangan SD Negeri Desa Pal VIII, Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Sementara itu pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah, menurut dia, masih pengumuman resmi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama. Kendati Muhammadiyah sendiri sudah menetapkan waktu pelaksanaan shalat id pada Jumat (21/4).

"Bila ada masyarakat Rejang Lebong yang mengikuti waktu yang telah ditetapkan oleh Muhammadiyah, itu tidak masalah karena yang terpenting adalah masyarakat bisa saling menghargai," katanya.

Untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah yang diikuti oleh kepala daerah dan unsur Forkopimda akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong, di mana yang bertindak sebagai imam adalah Drs H Samiri yang juga Imam Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong dan khatib H Abu Dzar Lc MH yang merupakan ketua MUI Kabupaten Rejang Lebong, demikian Akhmad Hafizudin.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement