Kamis 23 Feb 2023 21:55 WIB

Arab Saudi Perlebar Buka Pintu Impor Produk Bangladesh

Bangladesh mengekspor barang senilai 290 juta dolar AS ke Arab Saudi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Hujan musim dingin yang lebih lebat dari biasaya telah membuat banyak bunga dan tumbuhan bermekaran di gurun pasir Arab Saudi. Bunga-bunga ungu atau lavender liar telah menyelimuti padang pasir Arab Saudi bagian Utara.
Foto: Twitter @Saudi_GoodNews
Hujan musim dingin yang lebih lebat dari biasaya telah membuat banyak bunga dan tumbuhan bermekaran di gurun pasir Arab Saudi. Bunga-bunga ungu atau lavender liar telah menyelimuti padang pasir Arab Saudi bagian Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arab Saudi kini kian membuka keran perdagangan bagi produk buatan Bangladesh. Pasokan produk Bangladesh ke Saudi akan ditingkatkan seiring dengan tumbuhnya kepercayaan Saudi terhadap Bangladesh.

Menteri Perdagangan Bangladesh Tipu Munshi menyampaikan, produk Bangladesh mampu mendapatkan kepercayaan dari Saudi. Hal ini karena negara tersebut telah memperoleh kapasitas untuk memasok produk kelas dunia di pasar global dengan harga yang relatif lebih murah.

Baca Juga

"Arab Saudi adalah mitra untuk perdagangan dan pembangunan besar bagi Bangladesh," kata Tipu, seperti dikutip dari BSS News, Kamis (23/2/2023).

Permintaan produk Bangladesh di pasar Arab Saudi semakin hari semakin meningkat. Ini menunjukkan bahwa ada potensi besar bagi produk-produk dari Bangladesh sehingga kesempatan ini perlu dimanfaatkan oleh warga negaranya.

Menteri Perdagangan juga menyebutkan, pemerintah Liga Awami saat ini telah memberikan dukungan yang diperlukan kepada para pebisnis untuk memperluas perdagangan. Dia menekankan, reputasi produk Bangladesh kini telah menyebar ke seluruh dunia dan ekspor barang Bangladesh tumbuh dari hari ke hari.

Tipu juga mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Raja Saudi, Putra Mahkota dan juga kepada kerajaan Arab Saudi yang telah memberikan semua dukungan yang diperlukan ke Bangladesh. Dia berharap Kerajaan akan terus memberikan semua dukungan yang mungkin untuk meningkatkan perdagangan dan perdagangan antara kedua negara.

Mendag juga menekankan perlunya pameran di berbagai belahan dunia memproyeksikan produk Bangladesh untuk menarik perhatian pembeli global. Ini dia sampaikan saat berpidato pada sesi perdana "Pameran Produk Bangladesh 2023" selama tiga hari sebagai tamu utama yang diadakan di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, pada Rabu waktu setempat.

Duta Besar Bangladesh untuk Arab Saudi Mohammad Javed Patwary dan presiden Asosiasi Produsen dan Eksportir Garmen Bangladesh (BGMEA) Faruque Hassan berbicara pada kesempatan yang dipimpin oleh wakil ketua Biro Promosi Ekspor (EPB) AHM Ahsan.

Menurut data resmi, Bangladesh mengekspor barang senilai 290 juta dolar AS ke Arab Saudi pada tahun fiskal terakhir (FY22) yang 12 persen lebih tinggi dari tahun fiskal sebelumnya. Sebanyak 30 perusahaan mengambil bagian dalam pameran yang menyoroti produk RMG, farmasi, dan barang-barang kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement