Jumat 02 Dec 2022 18:43 WIB

Iconz 2022 Hasilkan 5 Resolusi Konferensi Zakat Indonesia

Iconz Ke-6 tahun 2022 menyoroti beberapa isu zakat dan memberikan rekomendasi.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Pimpinan Baznas RI, Prof (HC) Dr Zainulbahar Noor MEc (tengah) menunjukkan sejumlah sampel produk mustahik binaan Baznas yang akan diekspor ke Dubai, di sela acara pembukaan Konferensi Zakat Internasional The 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ) 2022, di gedung Rektorat UIN Walisongo, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/11).
Foto:

Resolusi Iconz 2022

Hasbi menambahkan, Iconz Ke-6 tahun 2022 menyoroti beberapa isu zakat dan memberikan berbagai rekomendasi bagi para pemangku kepentingan zakat.

Ia menyampaikan, Pertama, Iconz Ke-6 tahun 2022 dan seluruh pemangku kepentingan pengelolaan zakat berkomitmen mendukung kebijakan penguatan pengelolaan zakat nasional yang meliputi penguatan kelembagaan dan manajemen, penguatan sumber daya manusia, penguatan infrastruktur, dan penguatan jaringan pengelolaan zakat. 

"Kedua, Iconz Ke-6 tahun 2022 dan seluruh pemangku kepentingan pengelola zakat berkomitmen untuk berperan aktif dalam pemulihan ekonomi untuk pertumbuhan sosial ekonomi yang tangguh dan berkelanjutan," jelas Hasbi.

Ia mengatakan, rekomendasi ketiga, Iconz Ke-6 tahun 2022 dan seluruh pemangku kepentingan pengelola zakat berkomitmen untuk memperkuat jejaring, kerja sama, dan kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Rekomendasi keempat, Iconz Ke-6 tahun 2022 dan seluruh stakeholder pengelola zakat berkomitmen menginisiasi kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk mewujudkan laboratorium pengelola zakat sebagai sarana peningkatan literasi zakat dan internalisasi zakat bagi mahasiswa dan civitas kampus. 

"Rekomendasi kelima, melalui Iconz Ke-6 tahun 2022, Baznas berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik dalam meningkatkan bisnis dan kemampuan bersaing di dunia global dengan memfasilitasi rencana ekspor awal sampai produk pengusaha mustahik yang diambil dari seluruh Indonesia," jelas Hasbi.

 

Hasbi mengatakan, demikian resolusi Iconz Ke-6 tahun 2022 yang dapat sampaikan. Semoga upaya semuanya dalam memajukan gerakan zakat, khususnya dalam mendukung peningkatan pemulihan ekonomi untuk ketahanan masa depan dan pertumbuhan sosial ekonomi yang berkelanjutan melalui inklusi zakat, akan diliputi oleh ridha dan berkah dari Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement