Ahad 09 Oct 2022 01:15 WIB

Enam Fakta tentang Masjid-Masjid di Jerman

Sebanyak 2.750 masjid tersebar di seluruh Jerman.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Sehitlick Mosque, salah satu masjid  Turki di Berlin, Jerman. Enam Fakta tentang Masjid-Masjid di Jerman
Foto:

Dibangun mirip Taj Mahal

Masjid di lingkungan Wilmersdorf Berlin adalah yang tertua yang ada di Jerman saat ini. Bangunannya sangat mirip dengan monumen terkenal dunia di India, Taj Mahal.

Dengan dua menara, masing-masing setinggi lebih dari 30 meter, membingkai bangunan. Ini dirancang oleh arsitek Jerman Karl August Herrmann untuk komunitas Ahmadiyah Lahore dari tempat yang sekarang disebut Pakistan dan yang anggotanya datang ke Jerman pada 1920.

Mereka mendirikan Masyarakat Muslim Jerman bekerja sama dengan Muslim Jerman. Masjid di Berlin-Wilmersdorf menjadi pusat kehidupan Muslim.

Wanita berkhutbah di satu masjid di Berlin

Pada 2017, jenis tempat ibadah Muslim yang berbeda didirikan di ibu kota Jerman, Masjid Ibn Rusyd-Goethe. Di sana, pria dan wanita berdoa bersama, wanita diizinkan untuk berkhotbah, dan menyambut semua kalangan.

“Masjid Ibn Rusyd-Goethe mewakili Islam progresif dan kontemporer yang sesuai dengan demokrasi dan hak asasi manusia. Kami hidup dalam Islam di mana perempuan dan laki-laki setara,” tulis situs web masjid dilansir dari Deutsche Welle, Senin (3/10/2022).

Ia juga mengatakan semua agama Islam diterima. "Bersama kami, semua agama Islam diterima, Sunni, Syiah, Sufi dan Alevi merasakan rasa memiliki dalam komunitas kami," tambahnya.

Seyran Ates, seorang pengacara, penulis, dan aktivis hak-hak perempuan yang ikut mendirikan masjid, telah membayar mahal untuk sikap progresifnya. Dia menerima ancaman pembunuhan dan berada di bawah perlindungan polisi sepanjang waktu.

 

sumber : https://www.dw.com/en/six-facts-you-didnt-know-about-mosques-in-germany/a-63292950
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement