Selasa 02 Aug 2022 17:29 WIB

Masjid dan Kuil Hindu di India Gotong Royong Galang Dana Bantu Penderita Kanker

Masjid dan Kuil di Malappuram Kerala India memiliki hubungan baik sejak lama

Rep: Mabruroh, Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera India (Ilustrasi). Masjid dan Kuil di Malappuram Kerala India memiliki hubungan baik sejak lama
Foto:

Imam itu mengatakan kerukunan komunal selalu menjadi ciri khas Kerala dan Malappuram, meskipun distrik berpenduduk mayoritas Muslim itu sering menjadi sasaran fitnah oleh beberapa media dan pengguna media sosial sayap kanan yang meledakkan insiden di daerah tersebut. 

“Saya tahu Malappuram mendapat banyak pers negatif. Tetapi umat Hindu, Muslim, dan Kristen telah hidup rukun di sini selama berabad-abad,” kata Imam. 

“Saya setuju ada beberapa elemen komunal di semua pihak yang mengobarkan isu-isu tertentu. Tetapi penggalangan dana ini adalah contoh bagaimana umat manusia dapat mengatasi semua hambatan buatan manusia tersebut,” ujar Imam. 

Sekretaris Komite Kuil Bhagavathy, Ajith Kottarathil, juga mengatakan Malappuram memiliki banyak contoh persahabatan komunal, menambahkan bahwa kecepatan pengumpulan dana tetap mengejutkan. 

“Semuanya begitu cepat dan sesuai dengan urgensi penggalangan dana untuk pengobatan Hanna. Ini adalah desa kecil di mana mengatur uang sebanyak ini tidak mungkin bagi sebagian besar keluarga,” katanya. 

“Itulah sebabnya kami semua siap turun tangan ketika komite masjid memberi tahu kami tentang anak itu,” tambahnya. 

Dia mengatakan beberapa orang bahkan menyumbangkan perhiasan emas. Anggota keluarga Hanna berada di rumah sakit dan tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. 

Malappuram telah menyaksikan contoh lain dari persahabatan komunal pada 7 April ketika Kuil Sree Mahavishnu di Vaniyannur, dekat Tirur, menyelenggarakan pertemuan buka puasa di tempat itu untuk lebih dari 200 Muslim.

Ini karena, tidak seperti tahun-tahun lainnya, umat Islam setempat tidak dapat berpartisipasi dalam pesta komunitas tahunan yang diselenggarakan di kuil pada hari pentahbisannya, 6 April. Hari raya itu diadakan pada siang hari, dan umat Islam menjalankan puasa Ramadhan.

Baca juga: Wapres Kiai Ma'ruf Amin: Nanti Penduduk Surga Kebanyakan Bangsa Indonesia

Jadi, keesokan harinya setelah matahari terbenam, kuil menyajikan makanan vegetarian tradisional Kerala, sadya, kepada umat Islam.

Pada Februari, dua warga Muslim Koottilangadi Panchayat di Malappuram menyumbangkan tanah untuk membangun jalan menuju Kuil Mahadeva berusia 500 tahun yang tidak memiliki akses yang layak.

Sebuah keluarga Muslim di Peruvalloor panchayat September lalu menyumbangkan tanah untuk rekonstruksi kuil kuno Gowri Shankara.

Sebuah masjid di panchayat Muthuvallur menyumbangkan tanah pada November 2020 untuk pembangunan jalan setapak yang lebar untuk mencapai kuil di puncak bukit.

 

Sumber: teleghraphindia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement