Senin 14 Feb 2022 11:41 WIB

Lampu Solarcell BWA Terangi Dusun Tua, Pangkalan Kapas, Kampar Kiri Hulu, Riau

Selama ini masyarakat Dusun Tua, Pangkalan Kapas, belum menikmati penerangan listrik.

BWA menyerahkan bantuan lampu solarcell dan sembako kepada warga Dusun Tua, Desa Pangkalan Kapas, Kampar Kiri Hulu, Riau, Ahad (13/2).
Foto: Dok BWA
BWA menyerahkan bantuan lampu solarcell dan sembako kepada warga Dusun Tua, Desa Pangkalan Kapas, Kampar Kiri Hulu, Riau, Ahad (13/2).

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPAR -- Kepedulian BWA (Badan Wakaf Al-quran) kepada masyarakat 3T (terluar,terpencil, dan tertinggal) tidak pernah padam, bahkan berlanjut terus dengan mencari dan memberikan manfaat kepada masyarakat 3T.

Kali ini BWA, yang diwakili oleh tim program, Lutfhi Siddiq melalui program Tebar Cahaya Indonesia Terang, pertengahan  Februari 2022 membawa lampu solarcell dan beberapa paket sembako untuk masyarakat di Dusun Tua, Desa Pangkalan Kapas, Kampar Kiri Hulu, Riau.

Dalam kesempatan itu Lutfi menyerahkan 10 unit solarcell dan 10 paket sembako kepada masyarakat Dusun Tua, Desa Pangkalan Kapas.

"Alhamdulillah, setelah melakukan perjalanan yang cukupmenantang dengan mengarungi Sungai Kampar Kiri Hulu, kami sampai di Dusun Tua untuk memberikan 10 unit solarcell dan paket sembako," kata Lutfhi Siddiq, Ahad (13/2).

"Ini merupakan bentuk kepedulian BWA terhadap masyarakat di daerah 3T (terluar, terpencil,dan tertinggal) yang taraf kehidupannya sulit dan minim sarana-prasarana seperti listrik atau penerangan yang sejak dahulu kala tidak ada.  Sehingga banyak masyarakat yang meninggalkan dusun ini, dan saat ini  bertahan 10 KK yang bertahan,"tambah Lutfhi Siddiq dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menyebutkan, sebelumnya masyarakat Dusun Tua berjumlah 30 KK. Karena ketiadaan listrik, banyak masyarakat meninggalkan dusun dalam setahun belakangan ini. 

Namun, hal itu tidak menghalangi tim  BWA untuk membawakan solarcell sebagai penerangan masyarakat dusun.

"Saya sangat terharu.  Saya mewakili masyarakat Dusun Tua mengucapkan terima kasih kepada para wakif dan BWA yang telah peduli kepada kami, masayarakat Dusun Tua yang terletak jauh dari mana-mana dan masih gelap gulita.  semoga apa yang diberikan dan upaya para wakif sekalian di balas oleh Allah SWT," ucap Ibu Nur,  tokoh masyarakat dusun.

BWA yang merupakan lembaga wakaf dan kemanusiaan, memiliki visi “menjadikan wakaf sebagai gaya hidup muslim” dengan salah satu inovasinya adalah wakaf penerangan “Tebar Cahaya Indonesia Terang”.  “Ini merupakan cara modern, mudah dan praktis berwakaf untuk membantu saudara saudara kita yang masih belum beruntung di pelosok negeri.  Untuk mendapatkan informasi detail aktifitas BWA, dapat mengunjungi website resmi www.BWA.id; www.wakafquran.org,” kata Lutfhi Siddiq.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement