Senin 18 Dec 2023 16:34 WIB

Wakaf Sarana Air Bersih BWA, Kini Warga Desa Doropeti Miliki Air Bersih

Projek air bersih itu mencapi Panjang 7,6 kilometer.

BWA meresmikan projek WAfP ( Water Action for People) atau Wakaf Sarana Air Bersih di Dusun Damkasipahu, Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (13/12/2023).
Foto: Dok BWA
BWA meresmikan projek WAfP ( Water Action for People) atau Wakaf Sarana Air Bersih di Dusun Damkasipahu, Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (13/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Alhamdulillah, pada hari Rabu, 13 Desember 2023, Tim BWA (Badan Wakaf Al-Qur’an) meresmikan projek WAfP ( Water Action for People) yakni Wakaf Sarana Air Bersih di Dusun Damkasipahu, Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penarikan pipa HDPE sepanjang 7,6 kilometer ini telah selesai dikerjakan. Ahamdulillah wakaf sarana air bersih ini telah dirasakan dampaknya oleh warga Dusun Damkasipahu sebanyak 99 rumah, 1 masjid, 1 mushalla dan 1 Sekolah Dasar Negeri (SDN).

"Kalau kita pandai bersyukur maka nikmat ditambah oleh Allah. Semoga di Damkasipahu kita semua menjadi masyarakat yang pandai bersyukur,” ucap Hasdin selaku tokoh masyarakat Damkasipahu.

Baca Juga

Pahala yang diharapkan dari para donatur ini adalah pahala jariyah selama objeknya masih bermanfaat. “Jadi tolong dipelihara wakaf ini sehingga wakaf ini terus mengalir pahalanya kepada para wakif,” ucap Ustadz Heru Binawan selaku direktur Program BWA, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (18/12/2023).

Pada peresmian ini hadir pula  Abdul Basyit selaku perwakilan dari Dinas Kehutanan Gunung Tambora. “Kami dengan BWA ada kemiripan. Kami  menjaga hutan di sekitar Gunung Tambora ini agar tidak ditebang dan BWA mengalirkan airnya. Mari kita jaga wakaf ini sehingga masyarakat Desa Doropeti bisa hidup sejahtera dan memiliki tanggung jawab bersama atas terjaganya hutan kita bersama,” kata Abdul Basyit.

Pada kesempatan itu, Abdul Basyit bersama staf  juga membawa tanaman pohon beringin untuk bisa ditanam di wilayah Damkasipahu agar bisa menyerap air sehingga tumbuh dengan subur di sekitar Dusun Damkasipahu.

“Terimakasih kepada para wakif, semoga mengalirnya air di Desa Doropeti khususnya di Dusun Damkasipahu ini menjadi pahala yang terus mengalir dan pastinya menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat karena telah dirasakan oleh masyarakat Dusun Damkasipahu. Aamiin yaa rabbal ‘alamiin,” ujar Heru Binawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement