Kamis 11 Nov 2021 21:52 WIB

Pertama dalam Sejarah AS, Muslim Kuasai Dewan Kota Michigan

Dewan Kota mencerminkan realitas agama baru dan realitas rasial beragam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Pertama dalam Sejarah AS, Muslim Kuasai Dewan Kota Michigan. Muslim di Amerika. Ilustrasi
Foto:

Kandidat lainnya, Albarmaki, mengatakan ia berutang kepada masyarakat Hamtramck dan kesetiaannya kepada mereka akan tetap utuh. "Jangan keliru, saya tidak mewakili kepentingan kelompok tertentu di atas yang lain. Saya akan bekerja dengan tekun untuk memastikan kepentingan terbaik warga Hamtramck tercapai," kata Albarmaki.

Menurut data sensus, sekitar setengah dari hampir 29 ribu penduduk kota itu diperkirakan beragama Islam, dengan banyak dari etnis Arab dan Asia Selatan. Manajer program kebijakan di Dewan Urusan Publik Muslim atau MPAC, M. Baqir Mohie El-Deen, yang juga penduduk asli Michigan, mengatakan kota ini awalnya merupakan pusat imigran Amerika Polandia dan kemudian menjadi surga bagi imigran lain juga. Menurut Free Press, lima dari anggota dewan kota Hamtramck itu adalah imigran dan satu adalah mualaf.

"Dewan Kota ini benar-benar mewakili semua elemen sejarah Hamtramck, apakah mereka keturunan Arab, Asia Selatan, atau Eropa," kata Mohie El-Deen.

Muslim Amerika juga terpilih untuk kursi wali kota untuk pertama kalinya di Dearborn dan Dearborn Heights. Chief Operating Officer MPAC Rummi Khan mengatakan kemenangan ini menunjukkan tren kepemimpinan yang lebih mencerminkan komunitasnya.

"Pada dasarnya, representasi adalah landasan bagi model politik Amerika, jadi sangat penting komunitas diatur oleh badan-badan yang mencerminkan pengalaman mereka," ujar Khan.

Khan menambahkan, banyak populasi imigran yang datang ke komunitas ini melarikan diri dari lingkungan yang tidak mendukung proses sipil, dan sekarang banyak dari anak-anak mereka menggunakan hak yang tidak mereka miliki. Menurut laporan 2020 dari Council on American-Islamic Relations (CAIR) dan Jetpac, sebuah organisasi nirlaba yang melatih Muslim Amerika untuk mencalonkan diri sebagai pejabat publik, 110 kandidat berada di surat suara pemilihan umum 2020 di 24 negara bagian dan Washington, DC.

photo
The Muslim House, masjid sekaligus tempat berkumpul komunitas Muslim di Flint, Michigan, Amerika Serikat (AS). - (Flint Beat/Santiago Ochoa)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement