Jumat 05 Nov 2021 18:09 WIB

Satgas Covid NU: Vaksinasi Anak Perlu Pendekatan Berbeda

BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac anak usia 6-11 tahun.

Rep: Imas Damayanti/Dian Fath/Antara/ Red: Ani Nursalikah
Satgas Covid NU: Vaksinasi Anak Perlu Pendekatan Berbeda
Foto:

"Fokus kita adalah pemberian vaksinasi pada dewasa dan lansia yang memang akan sakit berat dan kematiannya lebih tinggi risikonya 3-5 kali lipat dibandingkan anak-anak," katanya.

Nadia mengatakan untuk memenuhi stok vaksin Covid-19 Sinovac untuk target anak usia 6-11 tahun, ia harus memesan kembali vaksin Sinovac baik dalam bentuk jadi atau masih bahan baku (bulk). "Vaksin dalam bentuk jadi dan bulk tambahan pembelian. Keduanya dibeli bisa bentuk jadi atau bulk," kata Nadia.

Menurutnya, vaksinasi pada usia anak belum digelar dalam waktu dekat sebab Kemenkes masih konsultasi untuk mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) serta Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan profesi lainnya. Konsultasi itu untuk memastikan teknis pelaksanaan vaksinasi untuk rentang usia 6-11 tahun, seperti proses skrining, penanganan efek samping, hingga dosis yang dibutuhkan. Saat disinggung terkait waktu pelaksanaan vaksinasi anak, Nadia memperkirakan program tersebut bergulir pada 2022 jika seluruh persiapan telah diselesaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement