Selasa 09 Apr 2024 02:35 WIB

GP Ansor Diharapkan Jadi Lumbung Gagasan Anak Muda

GP Ansor siapkan sejumlah program pemberdayaan anak muda.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor.
Foto: istimewa
Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor periode 2024-2029, Addin Jauharuddin berharap, organisasi kepemudaan yang dipimpinannya bisa menjadi lumbung dari gagasan kalangan anak muda atau milenial. Karena itu, di bulan suci Ramadhan ini, Addin menggagas sejumlah kegiatan yang merangkul anak muda. 

“Kami ingin menghadirkan Ansor dengan cita rasa baru, corak yang segar di kalangan milenial agar keberadaan Ansor dirasakan oleh mereka, dan Ansor juga dibersamai mereka. Ansor ingin menjadi lumbung gagasan-gagasan anak muda dipertemukan," ujar Addin dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (8/4/2024). 

Baca Juga

Ramadhan adalah bulan mulia, penuh kebaikan, dan kemanfaatan. Di bulan suci ini, Addin ingin memastikan bahwa GP Ansor mampu menjadi influencer kebaikan, meneguhkan posisi dirinya menjadi jembatan kebangsaan, kemanusiaan, anak-anak muda, sekaligus menjadi navigator anak anak muda inklusif, inovatif dan kolaboratif. 

Karena situasi pasca-Pilpres yang banyak membelah masyarakat, menurut Addin, GP Ansor berikhtiar untuk menyatukan banyak komponen anak-anak muda dalam banyak rangkaian kegiatan Ansor, sekaligus upaya mengembangkan hubungan yang semakin inklusif, inovatif dan kolaboratif dengan berbagai lapisan masyarakat, terutama anak-anak muda.

Hal ini tercermin dari ragam kegiatan pengajian komunitas anak-anak muda yang diikuti ratusan orang di setiap kegiatannya. Di antaranya, pada 19 Maret 2024 lalu, Ansor telah menggelar kegiatan Bu(k)bar dan Pengajian di Warung Apresiasi Bulungan (Wapres) Blok M Jakarta Selatan, yang merupakan tempat berbagai aktivitas anak-anak muda.

Selain itu, kegiatan serupa juga digelar di kafe Kemang pada 25 Maret 2023, sebuah tempat tongkrongan anak-anak muda di mana industri kreatif banyak tumbuh. Tidak hanya itu, pada 2 April 2024 lalu, kegiatan pengajian itu juga digelar di pelataran Taman Ismail Marzuki (TIM), yang merupakan tempat tumbuhnya kesenian dan kebudayaan dan melahirkan banyak komunitas besar.

"Apa yang digelar oleh Ansor ini adalah dalam rangka juga mengembangkan Ansor Hub, sebuah gagasan pengembangan komunitas Ansor, yang akan terhubung dengan jutaan jaringan anak-anak muda di 12 kota besar di Indonesia," ucap Addin.    

Selain menggelar kegiatan itu, GP Ansor juga merajut nusantara dengan menginstruksikan seluruh pengurus membawa makanan dan minuman khas daerahnya masing-masing. Penampakan makanan-minuman khas nusantara ini dilakukan pada saat perkenalan calon pengurus harian pada 27 Maret 2024, yang dirangkai dengan kegiatan Nuzulul Qur’an dan santunan yatim piatu.

Upaya melipatgandakan kebaikan juga dilakukan dengan buka puasa bersama, tadarus, tarawih bersama setiap hari dan malam lalu dilanjutkan dengan kegiatan podcast mengundang berbagai narasumber kreatif dan mumpuni. 

Terakhir, GP Ansor juga mendirikan 250 posko mudik se-Indonesia pada 5 April 2024 sebagai upaya menjadi jembatan silaturahmi antara pemudik dengan keluarga di kampung halaman. Menurut Addin, Ansor telah berpartisipasi untuk menjaga kelancaran mudik lebaran 2024. 

"Ini merupakan komitmen Ansor dalam Posko Mudik Banser 2024 yang didukung dengan distribusi produk-produk Unilever Indonesia. Ansor berkhidmat tanpa batas untuk agama, negara, bangsa, masyarakat dan kemanusiaan," kata Addin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement