Jumat 03 Sep 2021 02:38 WIB

30 Peristiwa Bersejarah Antara AS dan Muslim

Sebelum abad ke-19, sebagian besar Muslim datang ke dunia baru atau AS.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Umat Muslim membaca Alquran sebelum melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar)
Foto:

22. September 2016: Riz Ahmed adalah Muslim pertama yang memenangkan Emmy dalam kategori akting utama, untuk serial HBO The Night Of.

23. Januari 2017: Presiden Donald Trump memberlakukan larangan perjalanan dari Irak, Somalia, Sudan, Libya, Iran, Suriah dan Yaman, semua negara mayoritas Muslim. Penggantinya, Joe Biden, mencabut larangan itu pada hari pertamanya menjabat pada 2021.

24. April 2017: Mahershala Ali menjadi aktor Muslim pertama yang memenangkan Academy Award, untuk penampilan pendukungnya di Moonlight.

25. November 2018: Ilhan Omar dari Minnesota dan Rashida Tlaib dari Michigan menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres. Juga, Keith Ellison terpilih sebagai jaksa agung Minnesota, Muslim pertama yang memenangkan jabatan terpilih di seluruh negara bagian.

26. 2019: Sadaf Jaffer dilantik sebagai walikota Montgomery Township, New Jersey, menjadikannya walikota Muslim wanita di AS.

27. Januari 2020: Ramy Youssef, pencipta dan bintang drama Hulu Ramy, memenangkan Golden Globe untuk Aktor Terbaik dan membuka pidato penerimaannya dengan mengatakan, "Saya ingin berterima kasih kepada Tuhan. Allahu akbar."

28. November 2020: Kandidat di lima negara bagian—Colorado, Florida, Delaware, Oklahoma, dan Wisconsin—menjadi Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota legislatif negara bagian mereka.

29. Januari 2021: Robert Saleh dipekerjakan sebagai pelatih kepala New York Jets, Muslim pertama di posisi itu di NFL.

30. Juni 2021: Hakim Zahid Quraishi adalah Muslim pertama yang dikonfirmasi oleh Senat untuk kursi di peradilan federal. Selain itu, Lina Khan dikukuhkan sebagai ketua Komisi Perdagangan Federal, menjadi Muslim pertama yang menjalankan badan pengatur federal. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement