Jumat 03 Sep 2021 02:38 WIB

30 Peristiwa Bersejarah Antara AS dan Muslim

Sebelum abad ke-19, sebagian besar Muslim datang ke dunia baru atau AS.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Umat Muslim membaca Alquran sebelum melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar)
Foto:

8. 1965: Presiden Lyndon Johnson menandatangani Undang-Undang Keimigrasian dan Kebangsaan, yang secara signifikan memperluas kemampuan orang-orang dari negara-negara mayoritas Muslim untuk beremigrasi ke AS.

9. 1967: Muhammad Ali menolak untuk dilantik menjadi Angkatan Darat AS, dengan alasan keberatan agama, dan gelar kelas beratnya dicopot.

10. 1991: Charles Bilal terpilih sebagai walikota Kountze, Texas, sebuah kota dengan sekitar 2.000 penduduk, menjadi Muslim pertama yang terpilih untuk menjalankan sebuah kotamadya Amerika.

11. 1996: First Lady Hillary Clinton menyelenggarakan buka puasa pertama, makan malam untuk memulai Ramadhan. Presiden Bush dan Obama melanjutkan tradisi tersebut; Trump tidak. 

12. 11 September 2001: Sembilan belas anggota kelompok teroris Islam Al-Qaeda menabrakkan empat pesawat di New York, Pennsylvania dan Pentagon.

13. 17 September 2001: Presiden George W. Bush mengunjungi Islamic Center di Washington D.C. untuk mendesak Amerika agar tidak menyalahkan semua Muslim atas serangan 9/11.

14. 2003: AS menginvasi Irak dan menggulingkan Saddam Hussein dengan alasan, yang kemudian dibantah, bahwa ia memiliki pabrik senjata kimia terlarang dan koneksi ke Al-Qaeda.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement