Jumat 03 Sep 2021 02:38 WIB

30 Peristiwa Bersejarah Antara AS dan Muslim

Sebelum abad ke-19, sebagian besar Muslim datang ke dunia baru atau AS.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Umat Muslim membaca Alquran sebelum melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar)
Foto:

15. 2005: Islamic Center of America, masjid terbesar seluas 120.000 kaki persegi di Amerika Utara, dibuka di Dearborn, Michigan.

16. 2007: Keith Ellison dari Minnesota disumpah berdasarkan Quran Thomas Jefferson sebagai anggota Kongres Muslim pertama

17. 2009: Zaytuna College, perguruan tinggi seni liberal Muslim pertama yang terakreditasi di AS, dibuka di Berkeley, California.

18. 2011: The Learning Channel menayangkan All-American Muslim, sebuah reality show yang berpusat di seputar Muslim di Dearborn, Michigan.

19. 2014: Farhan Zadhi dipekerjakan sebagai manajer umum Los Angeles Dodgers, Muslim pertama dalam peran itu dalam waralaba olahraga Amerika mana pun.

20. 2015: Kandidat presiden Donald Trump menyerukan "penghentian total Muslim memasuki Amerika Serikat sampai perwakilan negara kita dapat mengetahui apa yang sedang terjadi."

21. Agustus 2016: Pada Olimpiade Musim Panas di Rio, pelari Dalilah Muhammad menjadi wanita Muslim Amerika pertama yang memenangkan medali emas. Pemain anggar peraih medali perunggu Ibtihaj Muhammad menjadi atlet Olimpiade AS pertama yang bertanding mengenakan hijab.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement