Selasa 13 Jul 2021 17:33 WIB

Alasan Arsitek India ini Berjuluk 'Pria Masjid'

Govindan Gopalakrishnan bangun banyak masjid semasa hidupnya.

Govindan Gopalakrishnan, 85 tahun,
Foto:

Govindan bukanlah lulusan sekolah arsitek, ia hanyalah seorang otodidak yang berusaha bertahan hidup di tengah kemiskinan. Ia tak mampu sekolah karena keluarganya tak memiliki uang. Sebaliknya, ia memilih bergabung dengan ayahnya sebagai pekerja magang sebuah kontraktor bangunan.

Dari situlah, ia belaja secara detail tentang cetak biru bangunan, lalu mendalami teknik dan skema warna. Govindan juga tak segan untuk belajar kepada yang lebih ahli seerti La Saldana, seorang juru gambar Anglo-India. Bersama La Saldana, ia pelajari cara sketsa.

"Saya juga bekerja tanpa dibayar di Departemen Pekerjaan Umum Kerala. Lalu saya mulai membantu ayah dalam rekonstruksi Masjid Palayam yang ikonik di Kerala,"kata dia.

Govindan mengungkap, saat itu butuh lima tahun untuk kembali membangun Masjid Palayam. Pengalaman itu membuatnya terpanggil untuk lebih banyak membangun dan memperbaiki bangunan.

Satu momentum yang membanggakan ketika Govindan bersama ayahnya ketika Masjid Palayam diresmikan Presiden India, Dr. Zakir Hussain."Saya percaya ini adalah garis Tuhan yang membuat saya seorang HIndu untuk membangun masjid dengan dukungan seorang Kristen (LA Saldana) dan membangun masjid yang disandingkan antara kuil dan gereja,"kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement