Selasa 13 Jul 2021 17:33 WIB

Alasan Arsitek India ini Berjuluk 'Pria Masjid'

Govindan Gopalakrishnan bangun banyak masjid semasa hidupnya.

Govindan Gopalakrishnan, 85 tahun,
Foto:

Di masa pandemi ini, Govindan tengah menulis sebuah buku berjudul Njaan Kanda Quran yang artinya Äpa yang saya lihat dan pahami dari Alquran". BUku setebal 1.200 halama ini yang dikerjakannya dalam enam tahun akan membantu semua orang untuk memahami Alquran dengan sederhana dan bermakna.

"Saat membaca Alquran saya dikejutkan kesamaan ajaran dengan Alkitab dan Gita. Saya mengambil frasa dari Alquran dan membandingkan dengan Alkitab dan Gita, dengan catatan rinci, mudah-mudahan bisa diterbitkan suatu hari nanti,"kata dia.

Gopalakrishnan juga pendiri Maanavamaitri, sebuah organisasi sosial dan amal yang mempromosikan pemahaman agama dan toleransi, antitesis dari pandangan dunia yang semakin diwarnai oleh ras, agama, kasta dan keyakinan.

Setelah mengabdikan seumur hidup untuk membangun rumah ibadah, Govindan masih memiliki satu tugas yang belum terpenuhi yakni meletakkan fondasi sekolah pemikiran keagamaan di mana Gita, Quran, dan Alkitab dapat diajarkan kepada siswa.

“Suatu hari,” kata dia.

“Saya berharap dapat mewujudkan impian saya ini juga. Alangkah indahnya jika kita semua dapat menyadari bahwa Tuhan pada akhirnya adalah satu, apapun agama yang kita gunakan sebagai kendaraan untuk mencapai-Nya. Saat kita menyadari ini dan menghormati semua agama, semua perselisihan akan berakhir. Dan dunia akan menjadi tempat yang lebih kaya untuk itu.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement