Selasa 13 Jul 2021 17:33 WIB

Alasan Arsitek India ini Berjuluk 'Pria Masjid'

Govindan Gopalakrishnan bangun banyak masjid semasa hidupnya.

Govindan Gopalakrishnan, 85 tahun,
Foto:

Meski Govindan tak memiliki gelar formal namun pemahamannya tentang teknik arsitektur dan etos kerjanya yang luar biasa memicu kesuksesan dirinya. Tugas pertamanya membangun rumah tiga lantai di Thruvananthapuram. Pemiliknya pun puas dengan tangan dingin Govindan.

Namun, titik balik kesuksesannya dimulai ketika pada tahun 1976 membangun Masjid Beemapally Juma di Thiruvananthapuram. Sebuah pembangunan yang membutuhkan waktu 18 tahun karena dana pembangunan hanya mengalir dari sumbangan. Terlepas dari minimnya anggaran dana pada setiap proyek yang digarapnya, Govindan memiliki solusi untuk itu.

Masjid Sheikh di Karunagappalay misalnya, memilikih monumen cinta Mughal, Taj Mahal, sebagai inspirasinya. Masjid Ziyaratthumoodu dekat Kollam dalam campuran Indo-Saracenic, sedangkan Masjid Chalai di Thiruvananthapuram mengikuti gaya modern. Menjadi ciri khas Govindan ketika menghiasi fasad masjid dengan menuliskan terjemahan Alquran dalam bahasa Malayalam, bahasa lokal Kerala.

Namun, suatu kali karya Govindan pernah diprotes. Pada masjid Beemapally ia menaruh ornamen teratai yang merupakan bunga nasional India. Ia menaruh ornamen itu dengan harapan masjid ini adalah bagian dari India. Namun, bunga ini kemudian menjadi simbol pemilihan Partai Nasionalis Hindu, Bharatiya Janata Party (BJP). Namun, Govindan memastikan pembangunan rumah ibadah harus bebas dari prasangka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement