Sabtu 03 Jul 2021 16:21 WIB

 Asosiasi Ma’had Aly Dorong Pembentukan Dirjen Pesantren

Munas yang dihadiri 74 pimpinan Ma'had Aly se-Indonesia hasilkan tujuh rekomendasi.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Peletakan batu pertama, Pesantren Tahfidz Mayong.
Foto: istimewa
Peletakan batu pertama, Pesantren Tahfidz Mayong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Ma'had Aly Indonesia (AMALI) mendorong kepada pemerintah untuk segera membentuk Direktorat Jenderal Pesantren di Kementerian Agama (Kemenag). Hal ini merupakan salah satu rekomendasi Musyarah Nasional (Munas) AMALI ke-2 yang digelar secara terbatas di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang pada 22-23 Juni 2021.

"Kami mendorong segera dibentuknya Dirjen Pesantren dan Direktorat Ma'had Aly di Kementerian Agama RI untuk menjamin terlaksananya fasilitasi yang lebih maksimal dan memadai," ujar Ketua Umum AMALI, KH Nur Hannan kepada Republika.co.id, Sabtu (3/7). 

Baca Juga

Kiai Hannan menjelaskan, Munas yang dihadiri 74 pimpinan Ma'had Aly dari seluruh Indonesia tersebut menghasilkan tujuh rekomendasi penting yang diharapkan bisa memberikan jaminan perbaikan kualitas dan kemajuan Ma'had Aly secara nasional. 

Selain mendorong dibentuknya Dirjen Pesantren, menurut dia, AMALI juga memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk segera menetapkan beberapa aturan turunan dari Undang-Undang (UU) No. 18 tahun 2019 tentang pesantren dan aturan pelaksana PMA No. 32 tentanf Ma'had Aly. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement