Jumat 24 Nov 2023 19:20 WIB

Tingkatkan Literasi, Baznas Gelar Bedah Buku Teladan Ulama Nusantara

Baznas nilai buku karya peraih beasiswa Mahad Aly penting dukung zakat bagi pesantren

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar bedah buku Teladan Ulama Nusantara: Dari Tafaqquh Fi Al-Din Hingga Khidmah Pada Ummat Dan Negeri hasil karya Alumni angkatan 1 Beasiswa Cendekia Baznas Mahad Aly.
Foto: dok Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar bedah buku Teladan Ulama Nusantara: Dari Tafaqquh Fi Al-Din Hingga Khidmah Pada Ummat Dan Negeri hasil karya Alumni angkatan 1 Beasiswa Cendekia Baznas Mahad Aly.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar bedah buku "Teladan Ulama Nusantara: Dari Tafaqquh Fi Al-Din Hingga Khidmah Pada Ummat Dan Negeri" hasil karya Alumni angkatan 1 Beasiswa Cendekia Baznas Ma`had Aly. 

Kegiatan peluncuran dan bedah buku tersebut diselenggarakan di Gedung Baznas RI, Jakarta, Jumat (24/11/2023). Turut hadir Deputi II Baznas RI, HM Imdadun Rahmat, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI Ahmad Zainul Hamdi, serta Dosen Ma`had Aly TBS Kudus Rosidi. 

"Saya ucapkan selamat atas diterbitkannya buku penting ini. Buku ini merupakan karya berjamah, jadi ini karya bersama dari para peserta beasiswa Ma'had Aly yang ditulis di bawah bimbingan para mentor di masing-masing Ma'had Aly," ujar Deputi II Baznas RI HM Imdadun Rahmat.

Menurutnya, buku ini penting karena menjadi pelengkap dari satu gerakan penting, yaitu dukungan zakat bagi pesantren. "Buku ini hadir untuk memberikan inspirasi kepada mereka-mereka yang sedang Tafaqquh Fi Al-Din. Buku ini menulis tentang bagaimana qudwah, uswah, dari para Kyai pesantren-pesantren besar yang kemudian melahirkan Ma`had-ma`had Aly," ucapnya. 

Oleh karena itu, kata Imdadun, uswah dan qudwah, inspirasi dari para tokoh yang ditulis di buku ini wajib hukumnya untuk ditularkan kepada masyarakat Indonesia, terutama kepada para santri, dan juga para penerima Beasiswa Ma`had Ali.

"Selain program-program yang menyangkut pengembangan pesantren, salah satu program yang sekarang ini sedang kita laksanakan, yaitu Beasiswa Santri Ma`had Aly. Ada 48 Ma`had Ali seluruh Indonesia yang menjadi mitra permanennya Baznas dan insya Allah akan tambah," jelasnya.

Imdadun juga berharap, buku ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda yang mendalami ilmu agama Islam untuk tetap semangat dalam meraih cita-cita, serta dapat menjadi pemantik untuk aktif berprestasi dan meningkatkan literasi dengan menulis buku.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI Ahmad Zainul Hamdi menyampaikan apresiasi atas diluncurkannya buku "Teladan Ulama Nusantara: Dari Tafaqquh Fi Al-Din Hingga Khidmah Pada Ummat Dan Negeri". 

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Ma`had Aly TBS Kudus Rosidi mengatakan, melalui buku ini BAZNAS telah mendukung mahasantri Ma`had Aly untuk berkreasi dan berkarya. 

"Buku ini luar biasa, dan saya berharap ke depan para mahasantri semakin terpacu untuk menulis lagi karena ini bagian khidmat kita di bidang keilmuan, dan sebagai rasa syukur kita kepada BAZNAS yang telah memberikan berbagai fasilitas bagi kita semua," ujar Rosidi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement