Jumat 18 Jun 2021 15:17 WIB

Kekhawatiran Muslim Meningkat Usai Dai Bangladesh Hilang

Ada kekhawatiran ia korban dari serangkaian penghilangan paksa yang disponsori negara

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Kekhawatiran Muslim Meningkat Usai Dai Bangladesh Hilang. Masjid Baitur Rouf, Bangladesh
Foto:

Nahar bahkan menulis surat kepada Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina meminta intervensinya untuk menemukan suaminya. "Saya tidak tahu harus berbuat apalagi. Saya bahkan tidak tahu harus berkata apa saat konferensi pers. Saya hanya ingin suami saya kembali dengan selamat. Jika dia melakukan kejahatan, tolong tunjukkan dia ditangkap dan diadili di bawah hukum yang ada," katanya.

Juru Kampanye Asia Selatan Amnesty International Saad Hammadi mengatakan penghilangan dalam bentuk apa pun membingungkan bagi keluarga. “Pihak berwenang Bangladesh harus segera menyelidiki dan mendeteksi keberadaan Abu Taw Haa Muhammad Adnan dan ketiga sahabatnya.  Jika mereka berada dalam tahanan negara, mereka harus segera dibebaskan atau didakwa dengan tindak pidana yang dapat dikenali,” katanya.

Menteri Dalam Negeri Bangladesh Asaduzzaman Khan Kamal pada Rabu mengatakan kepada media lembaga penegak hukum sedang menyelidiki hilangnya Adnan. "Kami menyadari situasi ini dan mencari petunjuk," katanya.

Namun, TRT World menghubungi setidaknya tiga kantor polisi dan menemukan tidak ada kemajuan dalam penyelidikan. Sebuah kantor polisi di bawah Polisi Metropolitan Rangpur (RPMP), sebuah kota di Utara sekitar 300 kilometer dari Dhaka tempat Adnan tinggal, baru saja mendaftarkan pengaduan tentang orang hilang", tetapi itu saja. Mereka belum memulai penyelidikan.

Nahar mengatakan dia berkomunikasi terakhir dengan Adnan melalui Whatsapp ketika dia membagikan lokasinya yang menunjukkan dia berada di Gabtoli Dhaka pada waktu itu. Beberapa saat sebelum menghilang, Adnan menelepon istrinya untuk memberi tahu dua orang yang mengendarai sepeda motor mengikuti mobilnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement