Senin 15 May 2023 11:44 WIB

Muslim Bangladesh-Inggris Terpilih Jadi Wali Kota Salisbury

Salisbury telah membuat sejarah dengan memilih walikota Muslim.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Muslim Bangladesh-Inggris Terpilih jadi Walikota Salisbury. Foto:  Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Muslim Bangladesh-Inggris Terpilih jadi Walikota Salisbury. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Dewan Kota Salisbury telah memilih Cllr Atiqul Hoque sebagai wali kota ke-762. Pemilihan tersebut membuat sejarah sebagai Muslim Bangladesh Inggris pertama yang mengambil posisi di kota katedral di Wiltshire, Inggris selatan.

Pengumuman tersebut yang dibuat pada Sabtu, (13/5/2023), datang dalam sebuah acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 pejabat sipil, termasuk wali kota dari kota-kota tetangga, yang menyaksikan serah terima wali kota dari Cllr Tom Corbin ke Cllr Hoque. Hal tersebut dilaporkan oleh Salisbury Journal.

Baca Juga

“Orang-orang Salisbury telah membuat sejarah dengan memilih wali kota Muslim Bangladesh Inggris pertama mereka, yang menunjukkan bagaimana Salisbury menjadi lebih beragam dan ramah,” kata Cllr Hoque, dilansir dari laman About Islam pada Senin (15/5/2023).

“Saya berharap jabatan saya akan mendorong orang lain untuk maju dan terlibat dengan Dewan Kota Salisbury. Salisbury telah melewati masa-masa sulit baru-baru ini, dari insiden Novichok hingga pandemi, dan sekarang saatnya bagi kami untuk melupakan semua ini. Saya berharap dapat mempromosikan apa yang ditawarkan kota abad pertengahan kita yang indah. Saya akan berdiri di samping bisnis dan membantu jalan raya kita berkembang," katanya.

Di sisi lain, banyak Muslim telah mencapai tonggak politik baru baru-baru ini di Inggris. Tahun lalu, West Sussex's Worthing Borough menunjuk anggota dewan Henna Chowdhury sebagai wali kota wanita Muslim pertama di wilayah tersebut.

Kota Bolton juga memilih Cllr Akhtar Zaman sebagai wali kotanya pada Mei 2022, menjadi Muslim pertama dan orang pertama keturunan Asia yang memegang jabatan tersebut. Pada awal bulan ini, Cllr Tafheen Sharif menjadi wali kota Muslim pertama di Tameside, wilayah metropolitan Greater Manchester.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement