Jumat 28 May 2021 06:27 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Memohon Kebaikan

Ilmu, rezeki, dan amal ibadah adalah tiga hal yang baik dan mendatangkan pahala.

Naskah Khutbah Jumat: Memohon Kebaikan. Seorang Palestina berdoa selama sholat Jumat terakhir bulan suci Ramadhan di Masjid Dome of the Rock di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Yerusalem, Jumat, 7 Mei 2021.
Foto:

Hadirin rahimakumullah,

Baik ilmu, rezeki, dan amal ibadah adalah tiga hal yang baik dan mendatangkan pahala. Namun demikian, ketiga hal baik tersebut dapat juga mendatangkan keburukan kepada pemiliknya. Demikianlah Nabi mengajarkan doa diatas pada umatnya agar tidak kehilangan nilai positif dari segala nikmat yang telah dianugerahkan.

Pertama adalah permohonan untuk diberi ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang digunakan di jalan Allah. Ilmu yang menyelamatkan pemiliknya juga orang disekitarnya dari api neraka.

Memberi cahaya kepada diri sendiri juga kepada orang lain dari kegelapan dan ketersesatan. Ia menyentuh kedalam qolbu yang keras lagi dingin, menjadi lunak dan hangat. Perkataan seorang yang berilmu menjadi hikmah bagi para pendengar, dan perbuatannya pun mejadi contoh yang baik untuk sekitar.

Permohonan yang pertama ini juga berarti perlindungan dari ilmu yang tidak bermanfaat. Yakni ilmu yang digunakan untuk keburukan.

Seorang yang berilmu memiliki potensi amat besar untuk melakukan ibadah-ibadah yang tak dapat dilakukan orang awam, namun juga berarti ia dapat melakukan kejahatan-kejahatan yang hanya dilakukan oleh orang yang ahli. Koruptor yang sering muncul di berita televisi maupun koran, adalah orang-orang berdasi dan berpendidikan tinggi, dan hanya dengan ilmu itulah korupsi bisa terjadi.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement