Rabu 24 Feb 2021 05:45 WIB

Mualaf Jeffry Gunawan, Ujian demi Ujian Kuatkan Imannya

Mualaf Jeffry Gunawan bersyukur atas ujian demi ujian yang dia terima.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Mualaf Jeffry Gunawan bersyukur atas ujian demi ujian yang dia terima.
Foto:

Ujian kembali hadir, kali ini bukan ujian kesulitan, tetapi ujian kenikmatan. Dahulu dia meminta dengan harap kepada Allah SWT soal dunia, setelah mendapatkannya dia menjadi lupa diri. 

Jeff kembali meninggalkan sholat dengan alasan lingkungan pekerjaannya tidak mendukung. Kemudian, satu ketika, dia menghadiri kajian di masjid tanpa ada niat sebelumnya. Saat itu, tema kajian adalah azab, ujian, dan istidraj.   

"Saya langsung tertampar karena khawatir apa yang sedang saya rasakan ini adalah istidraj, diberikan kesenangan terus menerus meski tidak menjalankan kewajiban," ujar dia. 

Saat itu juga, dia berdiskusi dengan sahabatnya untuk segera keluar dari pekerjaannya. Sahabatnya mencegahnya, bagaimanapun seorang Muslim harus kuat secara finansial. 

Namun, pekerjaannya tak mendukungnya sebagai seorang Muslim. Kemudian, dia berpikir untuk kembali berhijrah. Sahabatnya pun menghubungi kakaknya yang berada di Toli-Toli, Sulawesi Tengah.  

Dia pun akhirnya hijrah ke daerah tersebut dan fokus belajar Islam. Tak lama, Agustus 2018, dia menikah dengan kakak sahabatnya dan menetap di Palu. Beberapa waktu menikah, gempa mengguncang Palu, rumahnya dua kilometer dari Palu. Namun, ujian apa pun kini terus disyukuri olehnya. Meski sempat bersitegang dengan keluarga hingga ijazah ditahan. Kini, hubungan mereka baik-baik saja. 

Sejak awal, Jeff pun selalu berhubungan baik dengan ibunya dan menghormati keputusannya untuk memeluk Islam. Hanya saja, di awal memang ayahnya tidak menerimanya, namun melihat akhlak dan pribadinya yang semakin baik, keluarganya pun lebih senang dengan sosok Jeff saat ini. 

Dia kemudian bergabung dengan Mualaf Center Indonesia cabang Palu dan menjadi ketuanya. Kini, dia menjabat sebagai ketua Mualaf Center Indonesia cabang Sulawesi Tengah.  

Tak hanya berdakwah, untuk kebutuhan sehari-hari kini dia membuka usaha jual beli kendaraan bermotor. Kini dia juga disibukkan  \menjadi relawan bagi korban bencana di beberapa daerah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement