Ahad 27 Dec 2020 21:19 WIB

5 Syarat Toleransi Menurut Pendapat Imam Shamsi Ali  

Terdapat syarat bagi terwujudnya toleransi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat syarat bagi terwujudnya toleransi. Ilustrasi toleransi, Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel Malang dan Masjid Jami.
Foto:

Berdasarkan hal-hal di atas, Alquran kemudian mengafirmasi keberadaan agama lain. Dalam surah Al-Kafiruun dituliskan, "Bagimu agamamu dan bagiku agamaku”.

Dari semua ini, Shamsi Ali menyebut bisa disimpulkan jika toleransi adalah menerima (acceptance) akan eksistensi keyakinan lain di sekitar kita. Penerimaan ini berarti menerima “realita eksistensi” dan bukan menerima atau mengakui apalagi memeluk “kebenaran” dari keyakinan orang lain. 

"Ada beberapa hal yang perlu disadari dalam proses membangun toleransi itu. Pertama, saling mengenal, belajar untuk mengenal siapa di sekitar kita dan apa serta bagaimana keyakinan mereka," kata dia.  

Kedua, saling memahami. Dengan pengenalan tadi, akan terbangun saling memahami (mutual understanding) tentang satu sama lain. Walau berbeda, bahkan secara mendasar, tapi baiknya saling memahami dalam perbedaan itu.   

Berikutnya yang ketiga, adalah saling menghormati. Dengan saling memahami akan keadaan masing-masing, bahkan dengan perbedaan yang mendasar sekalipun, akan tetap terbangun saling menghormati (mutual respect).  

Keempat, menyambung kasih sayang, sebagaimana Islam sendiri adalah agama “kasih sayang” (rahmah) dan kasih sayang ini ditujukan untuk semua manusia (rahmatan lil-alamin). Toleransi itu terimplementasikan dalam bentuk menyambung kasih sayang. Perbedaan keyakinan bukan alasan untuk membenci dan bermusuhan. Terakhir atau kelima, membangun kerjasama dalam hal-hal yang disepakati.

 

Pada tataran ini, jelas bahwa dalam hal-hal yang berkaitan dengan akidah dan ubudiyah, semuanya merujuk kepada “lakum diinukum wa liya diin” (bagimu agamamu dan bagiku agamaku). "Karenanya kesepakatan ada pada masalah-masalah muamalat kemanusiaan. Termasuk membangun kemakmuran dan keadilan bersama," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement