Rabu 15 Apr 2020 14:51 WIB

BMH Panen Ikan Bandeng di Tambak Pesantren Tahfizh

Panen bandeng itu digelar di tambak Pesantren Tahfizh Hidayatullah Konawe Selatan.

BMH Perwakilan Sulawesi Tenggara menggelar panen ikan bandeng di tambak Pesantren Tahfizh Hidayatullah Konawe Selatan.
Foto: Dok BMH
BMH Perwakilan Sulawesi Tenggara menggelar panen ikan bandeng di tambak Pesantren Tahfizh Hidayatullah Konawe Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, KONAWE SELATAN – Nuansa  kebahagiaan menyelimuti pesantren tahfizh  binaan BMH di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. 

"Alhamdulillah, pada Selasa  (14/4) Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Sulawesi Tenggara melakukan kegiatan panen ikan bandeng di tambak Pesantren Tahfizh  Hidayatullah Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Sebuah penantian yang akhirnya menghasilkan kebahagiaan bagi santri dan para pengasuh di sini," terang Kepala BMH Perwakilan Sulawesi Tenggara, Fatahillah dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Panen ini merupakan hasil panjang dari program Pesantren Berdaya yang digagas oleh BMH selama ini. "Nama program ini adalah Pesantren Berdaya, sebuah program produktif yang diharapkan dapat memberikan dorongan kemandirian bagi pesantren. Alhamdulillah tercapai target dan tujuan dari program ini, sehingga pesantren bisa mandiri dan berdaya," imbuhnya.

Ia menambahkan, melalui program ini, pesantren tidak saja membekali santri dengan pendidikan agama, tetapi juga life skill. Dalam konteks ini bagaimana mereka bisa mengenal, mengerti dan bisa menjadi pengusaha di bidang budidaya ikan bandeng.

Setelah panen, hasilnya akan dijual dalam dua bentuk. "Pertama dijual dalam bentuk ikan segar, jadi ambil langsung jual ke masyarakat. Kedua, panen lalu diolah untuk dijadikan produk ikan kering dan dikemas, sehingga bisa menjadi varian produk pesantren. Namun, mengingat situasi wabah, kemasan ikan kering bandeng ini akan segera disalurkan untuk keluarga terdampak wabah Covid-19," tutur Fatahillah.

Ustaz Lutfiuddin, pimpinan Pesantren Tahfizh  Hidayatullah Konawe Selatan mengungkapkan kegembiraannya karena tambak budidaya ikan bandeng di pesantrennya berhasil panen dengan baik. 

"Alhamdulillah, akhirnya tambak kami sudah berhasil dan bisa menghasilkan pemasukan  yang bisa membantu memenuhi kebutuhan pendanaan pesantren," jelasnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BMH yang sejak awal membantu membuatkan lahan kosong di area pesantren menjadi tambak. Bukan hanya itu,  BMH juga mendampingi dan membantu pemasaran hasil tambak pesantren," sambungnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement