Jumat 31 Jan 2020 07:46 WIB

Banjir Bondowoso, TASK Hidayatullah Bersihkan Rumah Warga

Tim TASK Hidayatullah juga membersihkan masjid dan mushala.

Tim TASK Hidayatullah membersihkan mushala.
Foto: Dok BMH
Tim TASK Hidayatullah membersihkan mushala.

REPUBLIKA.CO.ID, BONDOWOSO -- Musibah banjir bandang yang menimpa Desa Sempol, yang berada di sekitar kawasan Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (29/1) telah merendam ratusan rumah warga, termasuk masjid dan mushala.

“Alhamdulillah Tim Aksi Siaga Kemanusiaan (TASK) Hidayatullah yang terdiri dari relawan BMH, SAR Hidayatullah dan Pemuda Hidayatullah serta Islamic Medical Service (IMS) langsung datang ke Kampung Baru,  Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Tim langsung koordinasi dengan BNPB dan langsung melakukan aksi membersihkan jalan, rumah warga, masjid dan mushala dari endapan lumpur," terang Koordinator Lapangan TASK Hidayatullah,  Rijal Muttaqin melalui rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, masjid yang berhasil dibersihkan dan kini dapat ditempati menyimpan barang kebutuhan serta shalat Jumat (esok hari) adalah Masjid At-Taqwa yang berada di Desa Kalisat, Kecamatan Ije.

photo
Tim TASK Hidayatullajh dibantu polisi, tentara dan warga, membersihkan rumah warga yang menjadi korban banjir Bondowoso.

Sepanjang hari Kamis  (30/1),  tim bahu-membahu bersama polisi, TNI dan masyarakat melakukan aksi membersihkan lumpur. "Karena lokasi ini merupakan terdampak paling parah, maka TASK Hidayatullah mendirikan posko darurat di sini," imbuh Rijal.

Pada saat yang sama TASK Hidayatullah melakukan pendataan untuk program selanjutnya berupa pengiriman bantuan logistik bagi warga terdampak, termasuk jadwal dan pembagian lokasi untuk aksi lanjutan.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pendataan warga agar program bantuan logisitik dan program lanjutan lainnya dapat dilaksanakan secara baik, tepat, dan segera. Malam ini juga tambahan relawan didatangkan dari Surabaya agar upaya membantu warga terdampak banjir dapat kian maksimal," tutup Rijal.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement