Rabu 07 Nov 2018 07:00 WIB

Susan: Islam Jaga Keseimbangan Nalar dan Kepekaan Spiritual

Islam mengajarkan perdamaian, persamaan, keadilan di tengah masyarakat.

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Susan Carland, wanita muslim yang menyumbangkan donasi dari setiap pesan kebencian kepada Islam
Foto:

Akhirnya, saat berusia 19 tahun, Susan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Namun, keislamannya ini masih disembunyikan di hadapan keluarga dekat, terutama ibunya. Susan tidak ingin mengejutkan orang tuanya atau ia merasa belum siap menyampaikan hal ini.

Sampai suatu saat, Susan dan ibunya akan menyantap makan malam. Kegiatan rutin ini tampak biasa saja hingga ibunya menghidangkan sajian yang mengandung daging babi. Susan merasa enggan. Ibunya tidak mengira macam-macam sampai Susan mengucapkan bahwa kini dirinya adalah seorang Muslim.

Ibu cepat-cepat memelukku. Tapi beliau juga menangis, kata Susan mengenang.

Sang ibu rupanya begitu tersentak dan bercampur aduk emosinya ketika itu.

Satu hal yang ingin disampaikannya, Susan yang kini bukanlah kanak-kanak lagi, melainkan gadis dewasa yang mulai menata arah hidupnya sendiri.

Beberapa hari setelah pengakuan itu, Susan mulai mengenakan hijab. Delapan ta hun lamanya ada semacam jarak komunikasi antara Susan dan ibunya. Namun, sebagai putri yang baik, Susan terus berupaya menunjukkan rasa sayang dan cintanya yang tulus. Islam sendiri tidak mengajarkan seorang anak menyakiti orang tua hanya lantaran perbedaan iman.

Pada 2007, Susan lulus dengan dua gelar sarjana sekaligus, yakni dalam bidang humaniora dan ilmu eksakta. Namun, titik penting dalam hidup Susan terjadi ketika usianya 23 tahun. Pada 2002, Susan menikah dengan Waleed Aly, pria Muslim keturunan Mesir sekaligus warga Australia.

Aly merupakan lulusan sekolah tinggi hukum dan termasuk salah seorang pemuda berprestasi nasional di Australia. Ia juga menulis buku yang mengkritik cara Barat memandang Islam. Meskipun sempat bersikap dingin terhadap pernikahan ini, pada akhirnya hati ibunda Susan luluh.

Sekarang, menurut Susan, ibunya termasuk yang selalu mendukung diri dan keluarganya. Baru-baru ini, lanjut dia, sang ibu memberikan hadiah kepadanya berupa hijab dengan mode terkini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement