Sabtu 06 Aug 2016 18:08 WIB

50 Hafiz Alquran Lulus Seleksi Fakultas Kedokteran UIN

Salah satu aktivitas selama puasa yakni mengaji.
Salah satu aktivitas selama puasa yakni mengaji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 50 calon mahasiswa dari berbagai pondok pesantren di seluruh Indonesia yang hafal Alquran (hafiz) lulus seleksi masuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatulah, Jakarta.

Keterangan ini disampaikan Dekan FKIK, Arief Sumantri sebagaimana dikutip dari laman Kemenag, Sabtu (6/8), yang menyebutkan proses seleksi masuk FKIK bagi para penghafal Alquran 30 juz itu dilakukan secara ketat, dengan lebih dari 2.000 peserta dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

"Dari jumlah 2.416 hafiz dari pondok pesantren seluruh Indonesia, akhirnya terseleksi 50 santri. Mereka diseleksi di wilayah-wilayah masing-masing," kata Arief Sumantri, dikutip Antara News.

Program ini menjadi bagian dari kepedulian UIN Jakarta kepada para santri pondok pesantren. Menurut Arief Sumantri, FKIK merasa perlu terlibat dalam pemberdayaan para santri agar mampu berdiri sejajar dengan para siswa yang datang dari non pesantren.

"Para santri itu jika diberdayakan, mampu berdiri sejajar dengan lulusan non-santri. Tentu perlu apresiasi lebih kepada para santri yang hafal Alquran 30 juz. Mereka memiliki daya ingat yang bagus," katanya.

Sebanyak 50 calon mahasiswa FKIK itu terbagi ke berbagai program studi yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, yaitu Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Pendidikan Dokter, dan Ilmu Keperawatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement