Kamis 14 Apr 2016 08:14 WIB

Keutuhan Bangsa Jadi Fokus Muktamar Wahdah Islamiyah

Rep: c25/ Red: Damanhuri Zuhri
 Ketua Umum Wahdah Islamiyah Zaitun Rasmin (kiri)
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Ketua Umum Wahdah Islamiyah Zaitun Rasmin (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wahdah Islamiyah akan melaksanakan Muktamar III di Jakarta. Muktamar diharapkan dapat merumuskan solusi permasalahan bangsa.

Ketua Umum Wahdah Islamiyah, Muhammad Zaitun Rasmin, mengatakan berbagai permasalahan bangsa akan menjadi fokus Muktamar III WI. Ia merasa perlu ada tindakan nyata, bagi keutuhan Indonesia dan dalam meningkatkan nasionalisme.

"Kami berharap dapat membantu menjaga keutuhan negeri, dan meningkatkan kesadaran tentang nasionalisme," kata Zaitun kepada Republika, Rabu (13/4).

Ia menjelaskan, keutuhan bangsa Indonesia memang seakan terus terancam, dengan berbagai polemik dan gangguan yang datang dari dalam dan luar. Bahkan, Zaitun merasa banyak bertebaran konspirasi yang dilakukan, demi memecah keutuhan Indonesia.

Sementara, ia melihat semangat nasionalisme yang merupakan tiang keutuhan bangsa semakin meredup, terutama di kalangan pemuda. Zaitun menekankan, nasioalisme itu yang hendak dibangkitkan dan membuat rasa cinta Tanah Air terasa lagi, termasuk di kalangan muda,

Zaitun mengingatkan, umat jangan sampai menghabiskan waktu membicarakan bentuk negara, karena yang terpenting adalah mengisi pembangunan. Selain itu, harus diaktualisasikan gagasan nasionalisme tentang Islam, tentu dengan konsep negara kesatuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement