Rabu 11 Jun 2014 13:26 WIB

Surat Konfirmasi Kemenag Datang, Calhaj Mulai Urus Pelunasan BPIH

Rep: c78/ Red: Asep K Nur Zaman
Calon jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Musiron
Calon jamaah haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah calon jamaah haji (calhaj) tahun keberangkatan 2014 tampak lega begitu Bank Syariah Mandiri Cabang Warung Buncit, Jakarta Selatan, telah menerima surat konfirmasi dari Kementerian Agama sekitar pukul 11.45 WIB, Rabu (11/6). Dengan begitu, bank dapat segera melayani pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang dimulai hari ini.

Sebanyak sepuluh calhaj yang sudah menunggu sejak pukul 9.30 di bank tersebut, segera dipersilakan mendatangi meja customer service. Tiga orang petugas bank melayani mereka dan mulai mendata sekaligus membantu mengurusi pelunasan BPIH.

Jayadi (63 tahun) bersama sang isttri Iwa NUrhayati (61), warga kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jaksel, adalah ua di antaranya. "Kami sudah setor Rp 20 juta. Untuk pelunasannya akan diambil dari tabungan yang sduah ada di bank ini," kata Jayadi.

Kemenag telah menetapkan BPIH sebesar 3.219 dolar AS. Dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang ditetapkan hari ini sebesar Rp 11.807, maka besaran BPIH mencapai Rp 38.006.733. 

Prosedur pelunasan BPIH di bank, nasabah mengisi formulir yang telah disediakan. Selain menyiapkan uang pelunasan dari saldo yang dimiliki di bank atau cash, calhaj menyediakan lima lembar pas foto dan KTP untuk melengkapi lembar pelunasan haji.
"Slip pelunasannya seperti biasa, hanya keterangannya itu tertulis untuk pelunasan haji, calhaj juga menyiapkan lima lembar foto," kata customer service Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pejaten, Novianti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement