Rabu 20 Oct 2010 01:38 WIB

Transportasi di Mekkah Dilayani Tiga Operator Bus

Bus jamaah haji
Foto: .
Bus jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH--Pelayanan transportasi jemaah haji di Mekkah tahun ini, dilaksanakan 3 operator perusahaan angkutan, yang bersifat regular dilaksanakan oleh Saptco dan Umul Quro. Sedang untuk pelaksanaan tawaf perdana, dilaksanakan oleh Dallah.

Transportasi regular dilakukan di tiga wilayah, di Ring 2 wilayah Aziziah-Zanubiah, Aziziah Syimaliah, dan didaerah pemondokan Syisa. Dari tiga wilayah pemondokan ini, bus terus terus berputar selama 24 jam, menuju Mahbaz Jin. Dari mahbaz Jin yang merupakan terminal ketiga wilayah itu , akan diangkut shuttle oleh bus Saptco, melalui terowongan menuju ke Bab Ali atau yang disebut dengan Maulid Nabi.

Sedangkan jamaah haji yang berada di Rng 2 , yakni pemondokan di wilayah Zahir, Raudaoh, Zumaizah, dan Maabdah , akan diangkut menuju depan hotel Aljazerah, baru kemudian berjalan kurang lebih 200 meter.

Dari wilayah pondokan di Syari Mansur dan sari Umum Quro, akan diangkut menuju daerah Hafair, di depan hotel Al Huzan,, kurang lebih ,75 meter kedepan diMasjidil Haram. Dari Nakatzah setelah Bahutmah, akan diangkut sampai keujung jembatan Misfalah sebelum hotel Palestine.

Tujuh puluh ribu jemaah yang berada di Ring 2 akan mendapat transportasi angkutan ke Masjidil Haram dan kembali ke pemondokan selama 24 jam, dengan 79 bus Sapcto diluar Zunubiah, Simaliah, dan Syisa menuju Mahbas Jin, dan yang di melalui terowongan diangkut dengan 33 bus yang berada di Mahbas Jin menuju Maulid Nabi.

Sementara bus untuk layanan tawaf perdana atau umrah perdana disediakan 50 bus, dari Zanubiah, Simaliah, Syisah langsung menuju depan hotel Aljazerah.

sumber : MCH
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement